manfaat gigi sehat

Gigi susu sama pentingnya dengan gigi dewasa

 

Perawatan gigi susu sering dianggap sepele. Padahal dampaknya besar. Mempengaruhi psikologis dan kebiasaan akademis anak.

 

Hal itu dikatakan Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigl Indonesia, drg Zaura Rinl Anggraeni MDS, saat pembukaan Bulan Kesehatan Gigl Nasional (BKGN) di Universitas Hasanudln Makassar, Kamls (12/9).

Walaupun gigl susu akan digantikan gigl tetap (permanen), perawatan gigl susu tldak kalah pentlngnya. Apalagi gigi susu Jugalah yang ‘menemani’ anak selama proses tumbuh kembang di saat pentlng. Gigi susu yang sehat juga berhubungan dengan keberhasilan akademls si anak dan memengaruhi tercapalnya cita-clta anak.

Menurut Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia Prof Dr H Eky S Soerla Soemantri, drg SpOrt(K), sangat pentlng merawat gigl susu. Secara anatoml, gigi susu lebih rentan akan terjadlnya gigi berlubang yang bila dibiarkan dapat menyebabkan rasa saklt, abses (nanah), dan tanggal sebelum waktunya.

Blla itu teijadi, dapat menyebabkan tulang rahang tldak tumbuh secara maksimal sehingga ketlka gigl permanen tumbuh, tldak terdapat ruang yang cukup dan mengakibatkan gigl tumbuh beijejal. Selain Itu masalah gigl susu juga beraklbat pada gangguan fungsi pengunyahan, dan kesulltan pelafalan huruf dalam berbicara.

“Kalau gigi susunya rusak. anak akan menjadl sulit makan. Gizinya jadl kurang. Berartl proses tumbuh berkembangnya bisa terhambat gara-gara gigi susunya rusak. Karena rusak. gigi susu cepat tanggal akan memengaruhi gigi permanen yang bisa beijejal dan berantakan.” kata drg Eky.

Hal senada dikatakan Drg Zaura. Dia mengatakan, gigi susu yang rusak akan membuat makan an yang dlmakan anak tldak sempurna dikunyah. Makanan itu akan masuk ke dalam usus dan ternyata tldak bisa sempurna mengolah karena masih terlalu kasar. Aklbatnya penyerapan nutrlsl juga menjadl tldak sempurna karena tubuh tldak bisa menyerap makanan tersebut. Apalagi Jika gigl tersebut menlmbulkan saklt yang berkepanjangan.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala dan penjegahan penyakit usus turun

“Rasa saklt gigl membuat anak memengaruhi konsentrasi saat Jika dibiarkan dapat memengaruhi keberhasilan akademisnya. Aktivitas bermaln pun akaii berkurang,” kata Drg Zaura.

Sebagal perbandingan, di negara maju sepertl Amerika Serikat, anak yang berusla 5-17 tahun kehilangan rata-rata 3 harl sekolah dalam setahun karena masalah gigl berlubang. Masalahnya tldak sampai di situ, gigi susu yang rusak akan membuat benih gigi permanen juga tldak sempurna. Aklbatnya, gigi bisa tldak bagus. Padahal beberapa profesi saat pendaftarannya saja membutuhkan syarat gigi yang sehat dan balk.

“Selain itu. secara pslkologls, anak dapat merasa rendah dlrl karena tampilan gigl ^ang buruk. Beberapa dta-cita pun dapat terhambat menglngat beberapa profesi sepertl pilot, model, tentara, astronot, pramu-gari, entertainer, news anchor, menuntut pentlngnya penampllan dan kesehatan gigl. Padahal tlap anak berhak untuk mewujudkan dta-cita mereka karena tlap anak Indonesia layak untuk memiliki senyum yang sehat dengan dlmulal darl kondlsl gigi susu yang sehat,” ujar drg Zaura.

Atas dasar itu, Bulan Kesehatan Gigl Nasional pun mengusung tema “Berikan Senyum Sehat Anak anda Demi Kesukses an Masa Depan Mereka”.

Menurut Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, drg Ratu Mirah Afifah, tema tersebut diplllh untuk menglngatkan kemball pcran pentlng orangtua untuk mem bantu mewujudkan cita-dta anak mereka yang bisa dimulai darl merawat gigi susu.

‘Tak perlu menunggu anak beranjak dewasa. Amat pentlng menjaga kesehatan gigi anak bahkan darl pertama kali tumbuh. Menglngat sampai saat inl, maslh banyak orangtua yang beranggapan kellru bahwa gigi susu tldak perlu mendapat pemellhara-an sepertl gigl permanen,” katanya.

CARA MERAWAT GIGI SUSU

1. Jangan dibiasakan minum susu dalam botol sampai tertidur. Sebab itu sama saja merendam gigi dalam susu. Email gigi akan rusak.

Baca Juga Yang satu ini ...
penyebab dan gejala penyakit tumor otak

2. Biasakan gigi dibersihkan sejak dini. Waiau baru tumbuh satu pun sudah harus dibersihkan. Dengan menggunakan cotton bud atau kain kasa.

3. Jika anak sudah bisa berdiri, ajak anak menggosok gigi.

4. Jika sudah bisa meludah, gunakan pasta gigi.

5. Gosok gigi malam sebelum tidur saat anak belum mengantuk.

6. Ajak ke dokter gigi sedini mungkin sebelum anak sakit gigi. Agar anak terbiasa dengan lingkungan dan peralatan di ruangan dokter gigi.

 

KESIMPULAN
Gigi susu sama pentingnya dengan gigi dewasa memang benar. Jika Anda ingin mendapatkan info kesehatan gigi, alangkah lebih baiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Ahli.

SUMBER                    : KORAN WARTA KOTA

ARTIKEL LAINNYA  : kesehatan gigi bagi anak

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *