Manfaat kesehatan dari berjalan kaki

Beberapa manfaat kesehatan dari berjalan kaki

• I jow Impact. Berjalan kaki tcrmasuk aktivitas low impact atau berdampak rendah, yang berarti tidak akan memberatkan sendi dan tidak akan memengaruhi ataupun meningkatkan efek osteoarthritis.

• Menurunkan Kolesterol. Berjalan kaki dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein), atau biasa disebut kolesterol jahat, serta dapat meningkatkan kolesterol HDL {high-density lipoprotein), yang biasa disebut kolesterol baik.

• Mengurangi Risiko Cangguan Kesehatan. Kegiatan ini juga bermanfaat menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kardiovaskular, dan mengurangi faktor risiko untuk perkembangan (sekaligus meningkatkan pengelolaan) dari diabetes melitus tipe 2.

Tentu saja, manfaat lain dari berjalan kaki termasuk menjaga berat badan dengan efektif, meningkatkan mood, meningkatkan kekuatan fisik melalui latihan otot, dan mengurangi kejadian osteoporosis, karena sifatnya yang lembut tetapi efektif sebagai bentuk latihan menahan beban.

Manfaat kesehatan dari berjalan kaki

Manfaat kesehatan dari berjalan kaki

Memulai berjalan kaki

Dalam rangka memperoleh manfaat maksimal dari bentuk aktivitas melatih kebugaran ini, berjalan kaki sebaiknya dilakukan secara rutin. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat berolahraga dengan berjalan kaki.

Penting untuk memakai pakaian yang pas dan nyaman di badan. Pilihlah pakaian yang sesuai cuaca. Pilihlah serat alami atau bahan yang tidak lembab untuk memastikan kenyamanan saat dipakai. Memakai pakaian berlapis juga dianjurkan karena hal ini akan memungkinkan pakaian lapisan bisa dilepas ataupun dipakai, tergantung saat cuaca hangat atau dingin. Pakailah sepatu yang nyaman untuk menghindari kulit melepuh atau kondisi tidak nyaman lainnya.

Jika Anda akan berjalan kaki pada senja hari atau pada malam hari, pastikan untuk mengenakan pakaian yang berwarna cerah dan mudah terlihat agar pengemudi kendaraan bermotor maupun pengendara sepeda dapat melihat Anda dengan jelas.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara Menurunkan badan Dengan Diet Baltic Sea

Jika memungkinkan, berjalanlah di trotoar. Jika tidak tersedia, Anda harus berjalan di sisi jalan dengan menghadap arah lalu lintas jalanan. Berjalan kaki secara berkelompok atau dengan pasangan lebih disarankan. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan, ada baiknya untuk membawa kartu identitas dan ponsel jika ada keadaan darurat. Jika Anda memilih untuk mendengarkan iPod sambil berjalan, yang terbaik adalah menggunakan hanya satu earphone saja, sehingga Anda dapat tetap waspada terhadap perubahan kondisi lingkungan sekitar (misalnya mobil, ambulans, atau orang yang mendekati Anda). Jika memutuskan untuk memakai kedua earphone, Anda harus meningkatkan kewaspadaan.

• Ketika Anda mulai berjalan kaki, selalu lakukan pemanasan sebelum pindah ke gaya lain yang lebih kuat. Jadi, sebaiknya Anda lakukan jalan kaki perlahan selama kira-kira lima menit, lalu lakukan serangkaian stretching setelah otot mendapatkan pemanasan. Baru setelah itu, Anda bisa mulai meningkatkan kecepatan.

• Selama berjalan kaki, Anda harus meningkatkan kecepatan yang memungkinkan Anda merasa hangat tetapi tidak terlalu lelah atau sampai terengah-engah. Aktivitas berjalan kaki untuk menjaga kebugaran akan jauh lebih bermanfaat ketika Anda membuat variasi latihan setiap hari. Variasi itu harus mencakup durasi serta kecepatan.

• Pastikan bahwa Anda senantiasa terhindar dari kondisi dehidrasi ketika berjalan kaki. Disarankan minum air berelektrolit atau minuman olahraga rendah kalori untuk berjalan kaki selama 30 menit atau lebih. Karbohidrat dan elektrolit yang disediakan akan membantu tubuh menyerap cairan lebih cepat, sehingga membantu mempertahankan tingkat ketahanan tubuh.

• Menjelang akhir aktivitas ini, penting untuk melakukan pendinginan dan penenangan diri. Ini akan membantu mengurangi stres atau tekanan pada jantung dan otot. Hal ini mudah dilakukan, yaitu dengan memperlambat jalan kaki Anda selama kurang lebih 5 menit. Pada titik ini, Anda dapat menyelesaikan latihan dengan mengulang beberapa gerakan peregangan yang digunakan selama tahap pemanasan.

Baca Juga Yang satu ini ...
jual spirulina di tegal hub 0815-8480-8480

Mengikuti pola latihan jalan kaki yang cerdas dan aman akan memastikan bahwa Anda menikmati manfaat kesehatan dari berjalan kaki tanpa cedera.

Sumber : Rahasia Diet 2

Oleh : The Home Gym

Baca artikel menarik lainnya : Kebiasaan Makan Terlalu Cepat

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *