Manfaat Minyak Zaitun

Berbagai Manfaat Sehat Minyak Zaitun

• Menurunkan risiko penyakit jantung

Minyak zaitun bekerja memperlancar aliran darah. menurunkan tekanan darah, dan mengatur kadar kolesterol menekan LDL dan menjaga kecukupan HDL Berdadarkan riset yang dilcrbilkan oleh Annals of Internal Medicine, para ahli di fcropa menemukan bahwa konsumsi extra tirgin olnr oil dapat membantu menurunkan tingkat risiko serangan iantung karena minyak zaitun ekstra murni itu memiliki kandungan antioksidan nabati yang sangat tinggi.

• Mencegah kanker

Menurut para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark, minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (yang memicu timbulnya kanker). Zat yang disebut polifenol terdapat di dalam extra virgin olive oil dan bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat penumbuhan sel kanker.

• Menghilangkan artritis

Minyak zaitun yang dikonsumsi sehari hari juga memiliki efek anti nyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Oleh sebab itu. minyak zaitun disebut bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi. Sebuah zat yang disebut prostaglandin dihasilkan oleh minyak zaitun dan berguna untuk mencegah pembengkakan dan nyeri.

• Mencegah diabetes

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh  tunggal yang sangat tinggi. Kandungan itu bermanfaat dalam menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan risiko terhadap diabetes tipe 2.

• Meredakan nyeri

Minyak zaitun mengandung zat yang disebut oleokantal (oleochantal) yang efektif mencegah radang. Cara kerjanya kira-kira mirip dengan penghilang rasa sakit sepeti ibuprofen atau obat anti radang lainnya. Mencegah pikun

Asam lemak tak ienuh tunggal bertugas menjaga struktur sel dan membran dalam otak hingga membantu mencegah terjadinya hilang ingatan.

• Mencegah osteoporosis

Minyak zaitun dapat membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh yang penting untuk mencegah timbulnya pengeroposan tulang (osteoporosis). Memperkuat tubuh dalam melawan HIV Kandungan asam maslinat dalam minyak zaitun diperkirakan dapat memperlambat penyebaran virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) pada penderitanya. Para peneliti dari University of Granada di Spanyol, percaya minyak zaitun yang disarikan dari buah zaitun mengkal dapat menurunkan penyebaran HIV di dalam tubuh sampai 80%. Zat itu bekerja dengan menghambat serin protease (enzim yang digunakan HIV untuk menyebarkan virus ke seluruh tubuh).

• Berkhasiat layaknya ASI

Hasil riset di Universitas Barcelona. Spanyol, pada 1996 menyimpulkan bahwa mayoritas lemak yang terdapat dalam ASI termasuk jenis yang berantai tunggal. Kabar  baiknya, itu sama seperti jenis lemak yang terdapat dalam minyak zaitun.

• Mengusir kutu kepala

Minyak zaitun juga ampuh digunakan untuk membunuh kutu kepala dalam beberapa jam saja. Fakta itu berdasarkan temuan dalam studi mengenai kutu kepala yang dilakukan di beberapa universitas dan akademi di Amerika Serikat.

• Menekan radang sendi

Hasil riset yang dilakukan terhadap 145 penderita radang sendi di Yunani menunjukkan bahwa minyak zaitun elektif dalam melindungi mereka dari penyakit radang sendi. Hal itu dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition edisi November 1999.

• Mengurangi risiko munculnya tukak lambung

Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol mengisyaratkan bahwa konsumsi minyak /aitun dapat membantu mencegah dan meredam masalah tukak lambung (peptic ulcer) yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Komponen antioksidan yang terdapat di dalam minyak zaitun ternyata mampu melawan bakteri H. pylori yang memicu infeksi di lambung.

•  Merawat kesehatan dan kecantikan kulit

Minyak zaitun yang dioleskan di kulit dapat membantu melembapkan kulit secara alami. Hal itu karena adanya kandungan asam linoleat yang mencegah air menguap secara cepat dari dalam kulit. Bila dikonsumsi secara rutin, minyak zaitun juga memiliki efek positif dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam. Sedangkan produk kecantikan dengan kandungan minyak zaitun juga dipercaya dapat membantu mempertahankan kelcmbapan dan elastisitas kulit, sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit. Dengan begitu membuat kulit tidak mudah kering dan berkerut.***

KESIMPULAN
Manfaat Minyak Zaitun bermacam-macam, khusnya unuk kulit tubuh Anda.

SUMBER                                             : THE DETOX LIFESTYLE  “Natural Ways To Be Healthy”

Lihat Artikel Lainnya                       : Penyakit Autoimun

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *