Manfaat Pijatan pada Bayi

Manfaat Pijatan pada Bayi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang tua dapat memberikan rangsangan dengan cara yang sangat sederhana.

Zaman dahulu, orang tua biasa mengayun-ayun bayi sambil  atau bahkan bernyanyi. Ini merupakan salah satu cara stimulasi yang baik pada usia bayi.

“Selanjutnya dari mulai badan bayi bisa miring, kita dapat menaruh bayi di atas matras atau kasur kecil dan memberikan rangsangan dengan benda berwarna mencolok untuk melatih visualnya. Rangsangan itu bisa dilakukan sambil bermain, bernyanyi dan sambil memberikan sentuhan pada bayi,” lanjut dr. Diatri.

Memberikan sentuhan pada bayi, pijatan lembut atau istilahnya skin to skin ternyata bisa menstimulasi kognitif anak. Sentuhan maupun pijatan itu dapat melatih bagaimana anak merasakan sensorik dan lewat pijatan itu akan diteruskan ke otak dan otak menerimanya lalu mengolahnya.

“Apalagi jika sentuhan itu dilakukan dengan penuh kasih sayang. Ini dapat membuat bayi merasa lebih tenang. Pada bayi yang memiliki berat badan rendah, stimulasi dengan pijatan yang benar akan cepat membuat naik berat badannya karena kemampuan makan dan minumnya menjadi lebih baik,” papar dr. Diatri.

Seiama ini banyak kita tahu tentang pijatan-pijatan pada bayi. Tapi dalam neurokinestetik kuncinya hanya satu, yaitu pijatan yang tepat akan merangsang bagian otak yang tepat. Karena itu kita harus mengetahui titik-tftik mana dan bagian mana saja yang harus dipijat.

“Banyak sekali titik yang dapat distimulasi. Titik mana yang hendak kita tuju jika misalnya anak itu sulit untuk medongak atau mengangkat kepalanya.

Titik mana yang bisa membantu itu, jika selama ini kita hanya menunggu saja anak untuk dapat mengangkat kepala tapi kini kita harus mempersiapkan anak untuk dapat mengangkat kepala jangan hanya menunggu,” saran dr. Diatri.

KESIMPULAN
Manfaat Pijatan pada Bayi bagi kesehatan Bayi

Kulit Bebas Kerutan dengan Sekali Terapi Listrik

Kulit Bebas Kerutan dengan Sekali Terapi Listrik

Sumber : WANITA INDONESIA Tabloid
Artikel Lainnya : Kosmetik Palsu

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *