Manfaat Rajin makan ikan

 

Manfaat Rajin makan ikan, Sekali lagi, selama menu harian kita normal, kecukupan vitamin D tak perlu dirisaukan. Namun bila menginsafi sumber vitamin D kurang dipilih dalam menu harian, ikan khususnva, perlu memastikan kalau-kalau benar kita sedang menderita kekurangannya.

Bagi yang tidak memiliki risiko terkena penyakit jan-tung dan pembuluh darah, tidak lebih buruk akibat ke-kurangan vitamin yang satu ini dibanding yang tubuhnya berisiko. Kekurangan vitamin D mempercepat pembu-rukan pembuluh darah.

Adapun sumber vitamin D terbaik diperoleh dari minyak ikan. Dovan makan ikan memberi jaminan tidak bakal kekurangan asupan vitamin D selama dibarengi dengan cukup berjemur sekitar 15 menit matahari pagi, dan kecukupan asupan menu berlemak juga.

Manfaat rajin makan ikan

Manfaat rajin makan ikan

Anak yang diberi ekstra minyak ikan pasti kecukupan vitamin D tubuhnya terpenuhi. Segelas susu dan sebutir telur hanya memberikan sepersepuluh kebutuhan vitamin D untuk sehari. Mereka yang tidak suka ikan perlu mem-pertimbangkan mencari sumber vitamin D lain, yakni kapsul minyak ikan, misalnya.

Kelebihan nilai kita memilih mengonsumsi ikan lebih banyak dibanding daging merah, selain memanfaatkan minyak ikannya, protein ikan tidak kalah dengan protein daging. Maka dianjurkan kelompok umur kepala empat sudah membatasi konsumsi daging merah, dan lebih memilih ikan, khususnya ikan laut dalam.

Melihat peran vitamin D terhadap ancaman kematian oleh penyakit yang dilindungi olehnya, maka jangan abaikan untuk terus memerhatikan kecukupan vitamin D.

Walau kebutuhannya tidak banyak (10 microgram = 400 IU/hari), namun jangan sampai kekurangan karena sekali lagi cadangan vitamin D tubuh tidaklah banyak. Berlama-lama tubuh kekurangan vitamin D, akan berakibat buruk, terlebih bagi vang berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Untuk memastikan apakah tubuh sedang kekurangan vitamin D dapat dilakukan pemeriksaan darah (serum). Bila lebih rendah dari normal, itu sudah lampu merah untuk segera menambahnya dengan suplemen bila dari menu saja tidak bisa diandalkan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Perawatan Rambut Rontok Parah

Selama masih bisa dipenuhi dari menu harian, suplemen vitamin D tidak diperlukan. Maka sekali lagi, kualitas meja makan rumah perlu disempurnakan. Makin beragam jenis menu harian (4-5 jenis menu), termasuk menu ikan, makin kecil kemungkinan kekurangan zat gizi, termasuk kekurangan vitamin D.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Merawat Ginjal Agar Sehat

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *