Manggis Untuk Menjaga Pankreas dan Berat Badan

 

Rokok adalah salah satu faktor penyebab kanker pancreas, dan konsumsi rokok di negeri ini sangat besar. Perlu perhatian bagi semua masyarakat Indonesia, akibat merokok lebih dari sekadar kanker paru-paru.

Kematian dini yang diakibatkan rokok yang perlu dikhawatirkan. Kematian dini berarti kehilangan talenta berharga dan sangat mahal yang dibutuhkan perusahaan, instansi,organisasi di negeri ini untuk maju. Sayangnya konsumsi rokok berada nomor dua setelah beras.

Seiring dengan semakin besarnya pertumbuhan kanker, penderita akan merasakan nyeri di perut bagian atas kiri yang menyebar ke belakang. Rasa nyerinya akan terasa terutama saat makan akan berbaring.

Seperti kanker lainnya, kanker pancreas sebetulnya dapat di tatalaksanakan kalau ditemukan di tahap awal. Akan tetapi masalah dari kanker ini adalah kesulitan mendiaknosis untuk tahap awal. Pada tahap awal kanker tidak terasa gejala apapun.

Manggis Untuk Menjaga Pankreas dan Berat Badan

Manggis Untuk Menjaga Pankreas dan Berat Badan

Gejala lain yang tampak adalah jaundice, warna kekuningan yang didapatkan pada kulit. Kemampuan bertahan hidup selama 5 tahun adalah 25% kalau kanker dioperasi dan diangkat saat masih kecil dan belum menyebar.

Antioksidan jus buah yang berkhasiat mencegah kerusakan sel pankreas

Antioksidan dalam jus buah dapat menurunkan resiko panyakit jantung koroner,stroke,katarak dan mencegah kerusakan sel pankreas baik untuk penderita diabetes mellitus. Saat ini banyak di jual jus manggis siap minum yang terbuat dari danging buah manggis dan ekstrak kulit buahnya. Buah manggis memiliki rasa yang manis, ketika matang kulitnya akan berwarna merah keunguan, tapi ada juga variannya yang memiliki kulit berwarna merah.

Buah ini juga berkhasiat mengatasi penyakit yang dianggap berbahaya, seperti diabetes,kanker, arthritis,Alzheimer,penyakit jantung dan lainnya. Buah manggis memiliki kandungan zat xanthones yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan. Buah manggis juga mengandung catechin yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang berada dalam tubuh kita.

Manggis untuk menangkal diabetes

Bila sering buang air kecil, mudah lapar, dan cepat haus menjadi tiga gejala utama diabetes yang kerap dinamakan trias diabetes. Hal ini dapat berlanjut dengan keluhan cepat lelah, hingga terjadinya komplikasi pada mata,saraf,ginjal,fungsi sexsual,maupun jantung.

Dalam bahasa medis, diabetes di definisikan sebagai penyakit endokrin metabolic yang bersifat kronis progresif. Ironisnya, jika sudah terkena diabetes, dipastikan si pasien harus siap hidup berdampingan dengan diabetes. Diabetes belum dapat disembuhkan. Namun, dengan pengelolaan tepat dan teratur, diabetes dapat dikontrol.

Untuk membantu proses penyembuhan diabetes disarankanj mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energy, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.

Penelitian di jepang tahun 2001 menyebutkan bahwa komponen mangiferin pada kulit manggis mampu menurunkan kadar gula darah pada tikus percobaan penderita diabetes. Mangiferin mampu menurunkan kejadian resistensi insulin.

Xanthones mengurangi resistensi insulin dengan membantu menormalkan tingkat gula darah. Serta mambantu menurunkan kadar gula dalam darah dan mengatasi kelelahan yang diakibatkan olah kadar gula darah yang tak seimbang.

Beberapa penelitian menyimpulkan ada kolerasi positif antara penyakit diabetes mellitus tipe 2 dengan antioksidan. Dengan kata lain, pasien diabetes mellitus akan membaik bila mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah banyak, meskipun mekanismenya belum jelas, tetapi mengingat xanthones dalam kulit manggis kaya akan antioksidan, maka sangat wajar jika ekstrak kulit manggis mampu memperbaiki kondisi penderita diabetes tipe 2.

Xanthones juga membantu penyembuhan kerusakan urat saraf. Karena kandungan anti-neuralgic dan anti peradangan mampu memperbaiki sel yang rusak akibat sakit peradangan pada urat, termasuk pada diabetes neuropathy.

Manggis untuk menjaga berat badan

Masalah kegemukan terjadi karena membrane sel dalam tubuh kita mudah membesar dan mengeras. Ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis. Zat tersebut melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energy. Kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan bisa mengatasi kegemukan.

Dokter Frederc templeman menyarankan bahwa konsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapat zat antioksidan lebih banyak dibandingkan supleman manapun yang di tawarkan dalam obat-obatan.

Sebuah studi di singapura menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif dibandingkan dengan durian dan rambutan.

BIla mau memakan buah manggis, dipegang dengan dua tangan. Cangkang buah manggis kelihatan keras, tapi agak mudah dibuka. Gunakan ibu jari untuk menekan dengan lembut dan memelintir sedikit denga tangan kiri berlawanan dengan arah jarum jam dan kemudian tangan kanan memutar kearah jarum jam hingga cangkang buah pecah menjadi dua.

Ketika terbuka maka akan tampak daging buah manggis yang segar, manis, lezat, penuh sari buah dan dapat dimakan. Konsumsi daging buah manggis bermanfaat bagi penderita diabetes karena menyantap menggis secara teratur terbukti dapat menurunkan kebutuhan diabetes akan insulin.

Tips memilih dan menyimpan buah manggis

Pilih manggis yang berwarna ungu tua segar dengan tangkai utuh berwarna hijau segar. Didalamnya terdapat buah manggis yang mengandung vitamin dan mineral yang merupakan sumber antioksidan yang alami. Buah manggis yang sangat menyegarkan ini mengandung gula sakarosa, dekstrosa, dan levulosa.

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Agar pankreas sehat oleh Pangkalan ide

Baca artikel menarik lainnya : Lihat 10 Hal Penting Tentang Darah Tinggi

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *