Masalah Dalam Kehamilan dan Persalinan

MASALAH DALAM KEHAMILAN

Masalah yang umum dijumpai selama kehamilan diiantaranya :

Miorning sickness. Lebih dari setengah wanita haimil menderita mual dan muntah selama tiga bullan pertama kehamilan Hal in! disebabkan adanya perrubahan kadar hormon dalam tubuh. Untuk membantu mengurangi morning sickness, makanlah makanan dalam porsi kecil tetapi sering dan hindari makanan yang digoreng dan berlemak. Jauhi situasi dan aktivitas yang membuat Anda mual. Jika Anda benar-benar tidak dapat menahan makanan atau minum (langsung dimuntahkan), segera kunjungi dokter.

Perdarahan selama kehamilan. Selama kehamilan, sama sekali tidak ada menstruasi. Segera temui dokter Anda jika muncul tanda perdarahan.

Sering berkemih/buang air kecil. Hal ini akibat rahim menekan kandung kemih. Namun, jika ada rasa sakit atau rasa panas, segera temui dokter, mungkin gejala tersebut menandakan adanya infeksi.

Sembelit (susah buang air besar). Kondisi ini mungkin sering terjadi pada kehamilan karena efek dari hormon progesteron pada saluran pencernaan. Frekuensi sembelit dikurangi dengan makan banyak buah dan sayuran, serta minum banyak air.

Pembengkakan tungkai. Penimbunan air, terutama di kaki dan pergelangan kaki, umumya terjadi pada penghujung hari dan juga pada usia kehamilan lanjut. Jagalah selalu kaki dalam posisi lebih tinggi ketika duduk atau berbaring, dan kurangi mengonsumsi garam dalam tiga bulan terakhir kehamilan.

Varises. Vena yang bengkak sering ditemukan pada wanita hamil dan cenderung terjadi pada pergelangan kaki dan di belakang lutut dan paha. Angkat kaki Anda setinggi mungkin sambil beristirahat dan kenakan stoking untuk meringankan rasa tidak nyaman.

Heartburn. Sensasi terbakar di dada bagian bawah atau perut bagian atas ini disebabkan oleh tekanan rahim yang membesar pada lambung, sehingga isi lambung mengalir balik ke kerongkongan. Heartburn kadang menyebabkan rasa asam atau pahit di mulut. Hirup sedikit susu mungkin bisa membantu meringankan heartburn. Hindari makanan pedas atau berminyak.

Baca Juga Yang satu ini ...
Masalah Dalam Kehamilan dan Persalinan

Nyeri punggung adalah keluhan yang sangat umum karena berat ekstra yang dibawa ibu kemana-mana. Postur yang baik adalah kunci untuk mengatasi masalah ini. Pertahankan punggung tetap lurus ketika berdiri, berjalan atau duduk sehingga berat badan Anda terletak tepat di pinggul Anda. Jangan mencondongkan badan ke depan atau ke belakang karena akan menambah nyeri di punggung.

Kram kaki Hal ini juga banyak dirasakan wanita hamil dan mudah dihilangkan dengan menggosok dan memijat daerah yang nyeri hingga otot rileks. Jika kram menyerang betis, tekuk kaki dan pergelangan kaki ke atas untuk membantu meregangkan otot dan mengurangi kram.

Stretch mark. Sejalan dengan pertambahan usia kehamilan, di perut (kadang paha) bisa muncul stretch mark.Gosokkan krim lanolin atau kakao pada daerah stretch mark untuk mengurangi efeknya.

Walaupun bukan merupakan masalah, melakukan hubungan seksual merupakan hal umum yang diperhatikan oleh banyak wanita hamil. Pada kehamilan normal, Anda dapat terus melakukan hubungan seksual seperti biasa. Pada kehamilan dengan komplikasi, seperti yang disarankan oleh dokter Anda, lebih baik untuk menghindari nuoungan seksual pada tiga bulan pertama dan terakhir kehamilan.

Apa yang dapat Anda lakukan

Hal umum menghadapi kehamilan:

> Mencari perawatan kehamilan dari dokter keluarga atau klinik ibu dan anak terdekat segera setelah Anda diduga sedang hamil. Hal ini akan membantu dalam persiapan dan merawat diri sendiri selama Anda hamil. Hal ini juga menjamin setiap masalah medis yang muncul akan diobati sejak awal

> Makan diet seimbang. Dokter dapat membantu memberitahu Anda tentang makanan apa yang dapat dikonsumsi untuk mengontrol berat badan yang sesuai. Hindari makan terlalu banyak:

Baca Juga Yang satu ini ...
Masalah Dalam Kehamilan dan Persalinan

1. Mengandung tepung dan makanan berlemak

2.  Makanan yang mengandung banyak garam atau gula

3. Kopi dan teh  jahe, bumbu dan rempah-rempah lainnya

> Jangan merokok sama sekali selama kehamilan dan hindari minum alkohol. Jangan mengonsumsi obat apapun kecuali telah diresepkan dokter

> Belajar melakukan latihan prenatal khusus yang dirancang untuk menguatkan otot-otot persalinan.

Kesimpulan
Untuk membantu mengurangi morning sickness, makanlah makanan dalam porsi kecil. Tetapi sering dan hindari makanan yang digoreng dan berlemak. Maka dengan kesimpulan tersebut, Anda akan terhindar dari Masalah Dalam Kehamilan

Masalah Dalam Kehamilan dan Persalinan

Masalah Dalam Kehamilan dan Persalinan

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : cara memilih beras yang berkualitas

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *