Masalah kebutuhan Nutrisi

MASALAH NUTRISI

Kebiasaan makan yang sehat sangat penting dilakukan agar tubuh memperoleh asupart nutrisi/zat gizi yang adekuat dan membuat Anda mampu bekerja secara produktif, juga tidak mudah terserang penyakit dan gangguan kesehatan seperti obesitas (kegemukan), tekanan darah tinggi, dan kolesterol darah yang tinggi.

Makanan adalah suatu substansi yang kompleks. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam makanan dan energi yang dihasilkannya sangat penting bagi kesehatan Anda. Jadi, walaupun Anda dapat menikmati kualitas sensual (penampilan, aroma, tekstur, rasa) dari suatu makanan, namun tubuh Anda tergantung pada kualitas dan kuantitas nutrisi/gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan yang Anda konsumsi selanjutnya akan diserap masuk ke dalam aliran darah dan diedarkan ke seluruh sel tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Berdasarkan jumlah (kuantitas) yang dibutuhkan oleh tubuh, zat-zat gizi dibagi menjadi dua golongan: makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien perlu dikonsumsi dalam jumlah besar, terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, air, dan beberapa jenis mineral. Sedangkan mikronutrien hanya perlu dikonsumsi dalam jumlah sedikit, terdiri dari vitamin dan mineral. Masing-masing jenis zat gizi memiliki fungsi yang unik dan spesifik, dan semuanya saling bekerja sama untuk menunjang kesehatan tubuh.

Karbohidrat

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai penghasil energi atau kalori. Terdapat dua jenis karbohidrat: karbohidrat kompleks (atau zat pati), dan karbohidrat sederhana (atau gula sederhana). Serat (fiber), adalah karbohidrat jenis lainnya, berfungsi membantu pencetnaan dan memberikan perlindungan terhadap penyakit tertentu. Karena tidak dapat dicerna maupun diserap oleh tubuh, maka serat tidak digolongkan sebagai nutrisi (zat gizi).

Lemak

Lemak juga dapat menghasilkan energi- Lemak berfungsi mengangkut zat nutrisi d.in lemak tersebut merupakan bagian dari berbagai sel tubuh. Pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh dan kolesterol, karena keduanya dapat berdampak negatif bagi tubuh

Protein

Protein berfungsi membantu pembentukan, perbaikan serta pemeliharaan jaringan tubuh. Selain itu, juga dapat berfungsi sebagai penghasil energi/kalori, bila tubuh kekurangan asupan karbohidrat dan lemak. Protein terdiri dari asam amino, yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino non esensial dapat diproduksi oleh tubuh sendiri, sedangkan asam amino esensial tidak sehingga harus diperoleh dari luar tubuh, yaitu melalui makanan yang dikonsumsi.

Vitamin dan mineral

Vitamin adalah pemicu terjadinya berbagai proses biokimiawi di dalam tubuh. Setiap jenis vitamin mengatur proses yang berbeda. Karena perannya yang amat spesifik, masing-masing jenis vitamin tidak dapat menggantikan fungsi vitamin yang lain.

Mineral, seperti halnya vitamin, juga bekerja sebagai pemicu berbagai proses biokimiawi di dalam tubuh dan masing-masing jenis mineral memiliki fungsi yang unik.

Air

Air berfungsi menghantarkan zat gizi dan zat kimia lainnya ke dalam sel-sel tubuh dan mengangkut limbah yang dihasilkan untuk dikeluarkan dari tubuh. Air juga membantu mengatur suhu tubuh.

Makanan yang kita konsumsi umumnya sudah mengandung nutrisi, namun adakalanya asupan nutrisi tersebut tidak seimbang dan/atau tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Dalam kondisi seperti ini, dibutuhkan pemberian suplementasi, seperti suplemen vitamin dan mineral. Untuk informasi lebih lanjut mengenai nutrisi dan suplementasi nutrisi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Kesimpulan
Untuk Menghindari Masalah Nutrisi Anda harus mengkonsumsi ; Karbohidrat, Lemak, Protein, Vitamin & mineral , Air dll

Masalah kebutuhan Nutrisi

Masalah kebutuhan Nutrisi

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : memilih telur yang baik

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *