MEMBUAT JURNAL DIET

Cara Membuat Jurnal & Jadwal Diet

Setelah menetapkan niat dan berkomitmen pada diri sendiri untuk berdiet maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat sebuah catatan atau jurnal diet. Menurut sebuah penelitian terbaru, perilaku pemantauan diri dengan menulis catatan makanan harian dan pola makan merupakan cara yang paling aman dan paling pasti untuk mengurangi berat badan. Dalam penelitian ini kesimpulan yang didapat adalah wanita yang menulis jurnal atau buku harian makanan secara konsisten ternyata mengalami penurunan berat badan sekitar 6 kg lebih banyak daripada mereka yang tidak memiliki jurnal.

Kenapa harus membuat catatan jurnal diet?

Alasannya, sebuah catatan jurnal merupakan sarana penting untuk mendukung program diet yang dilakukan, yaitu menjadi sarana pemantau dan analisis kepatuhan dan keberhasilan dari diet yang sedang dilakukan. Dari jurnal tersebut dapat diketahui tingkat kepatuhan Anda dalam menjalani diet, apakah aturan-aturan diet telah ditegakkan dan seberapa jauh keberhasilan Anda dalam usaha penurunan berat badan.

Lalu apa saja yang harus Anda dalam jurnal diet?

Tubuh kita secara tidak sadar akan mencatat setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut. Oleh sebab itu, kita juga harus mencatatnya, dan sesuatu yang ajaib akan terjadi ketika kita mencatat semua yang kita makan. Tanpa sadar kita akan berhenti makan makanan yang tidak baik bagi tubuh. Mencatat semua makanan yang kita makan membuat kita menjadi sadar jumlah porsi yang kita makan dan membuat kita berpikir bahwa kita harus berhenti makan.

Berikut rincian hal-hal yang perlu Anda catat dalam jurnal diet yang dibuat, di antaranya yaitu:

• Catatlah apa pun yang telah Anda makan setiap hari

• Catat pula setiap minuman yang masuk, dari segelas air putih sampai minuman bersoda yang Anda konsumsi

• Catat setiap kemajuan Anda setiap hari dalam menurunkan berat badan. Sekali dalam seminggu ketika mencatat hasil dari berat badan Anda pada minggu itu perhatikan juga bagian lain, misal ketika Anda melihat bagian dari tubuh Anda berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk.

• Catat kegiatan olahraga apa saja yang Anda lakukan atau apa saja kegiatan yang menggunakan fisik Anda. Misal-nya berapa langkah kaki yang sudah Anda lakukan setiap hari? Apakah Anda bisa mencapai 1000 langkah dalam sehari? Berapa tangga yang Anda naiki dalam sehari? Dan lain sebagainya.

• Catat semua kendala yang Anda hadapi dalam menjalani program diet, apa yang Anda rasakan saat itu? Apakah itu cukup untuk membuat Anda stres? Bagaimana reaksi Anda dengan situasi di sekitar Anda? Apa pemecahan masalah yang akan Anda terapkan? Stres juga termasuk salah satu penghambat dalam menurunkan berat badan. Catatan-catatan dalam jurnal diet di atas akan me-

noolong Anda dalam menurunkan berat badan. Dari catatan jurnal tersebui Wnd£ tiisa melakukan evaluasi, apakah aturan-aturan diet telah dilakukan dengan baik atau belum. Dengan catatan yang baik dan lengkap dalam jurnal tersebut, Anda juga dapat melihat dan mengerti di mana kesalahan Anda. Dengan cara melihat kembali jurnal ini setiap minggu, Anda dapat merencanakan untuk membuat rencana yang lebih baik dan tentunya akan lebih berhasil di minggu depan.

Aturan-aturan yang perlu Anda perhatikan dalam membuat catatan jurnal diet adalah sebagai berikut:

Jujur. Catatlah secara jujur semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Akurat. Catatan yang Anda tulis dibuat seakurat mungkin, misalnya dalam menulis ukuran porsi makanan.

Bawalah selalu catatan jurnal diet Anda. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak ada yang terlewat dalam ccatatan jurnal diet Anda.

KESIMPULAN

Membuat Jurnal Diet, sangatlah mudah …. Apalagi Diet Sehat, Anda bisa ikuti & Membuat jurnal Diet untuk Anda sendiri secara mudah untuk tujuan Anda, yaitu Langsing secara sehat.

MEMBUAT JURNAL DIET

MEMBUAT JURNAL DIET

 

Sumber : CARA CEPAT & SEHAT TURUNKAN BERAT BADAN
Artikel Lainnya : KEJANG

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *