Memeriksakan fungsi ginjal

 

Memeriksakan fungsi ginjal, Sebetulnya tidak sulit untuk mengetahui apakah fungsi ginjal sudah menurun. Cukup dengan melakukan pemeriksaan laboratorium darah melihat kadar ureum dan creatinin saja. Dari kedua nilai ini kita mengetahui apa fungsi ginjal masih normal. Jika ureum lebih dari 40 mg/ dl, dan creatinin lebih dari 1,0 tanda harus waspada.

Memeriksakan fungsi ginjal

Memeriksakan fungsi ginjal

Perlu segera melacak apa penyebab sehingga fungsi ginjal menurun. Jika ada penyakit yang mendasarinya seperti diabetes, hipertensi, atau asam urat tinggi untuk waktu lama, jelas lebih mudah melacaknya. Tidak demikian jika pernah ada riwayat infeksi, atau sekarang masih infeksi ginjal menahun.

Maka serangkaian pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan laboratorium darah, urin, foto rontgen, USG, sampai MRI perlu dilakukan sesuai dengan persangkaan dokter kasus demi kasus.

Dengan mengetahui penyebab menurunnya fungsi ginjal dan menyembuhkan penyakit di belakangnya, ginjal tidak telanjur bertambah rusak, dan masih bisa diselamatkan sekiranya belum sampai pada titik gagal ginjal.

Namun apabila sudah tiba pada titik di mana ginjal tak mungkin diselamatkan lagi, itu sudah pada tahap the point of no return. Tak ada cara apa pun yang medis bisa lakukan kecuali menggantinya dengan ginjal baru.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Penyebab Fungsi ginjal yang menurun

banner smartdetox bawah baru

Baca Juga Yang satu ini ...
Tips Bermanfaat Untuk Mengobati Dan Mengatasi Diabetes Anda

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *