Memilih Gaya Hidup Sehat

Hidup adalah suatu kesempatan yang seharusnya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat sehingga menjadi benar-benar memiliki arti. Namun seringkali kita cenderung untuk mengesampingkan halhal penting tersebut. Akibatnya, banyaak diantara kita yang aakhirnya mengalami penderitaan dari segi fisik, emosional, financial, dan lain sebagainya.
Coba bayangkan: Jika Anda tidak menjaga kesehatan Anda sendiri, maka Anda akan jatuh sakit.
Pada saat itu, tubuh Anda akan diserang oleh sejumlah penyakit, mulai dari yang ringan, seperti bercak-bercak kemerahan dan demam, hingga gangguan kesehatan lainnya yang lebih membuat Anda tidak berdaya, misalnya penyakit jantung, diabetes, atau bahkan kanker, yang berpotensi memperpendek usia.
Penyakit ternyata bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan secari fisik maupun emosional, yang bukan saja dirasakan oleh diri Anda sendiri, tapi juga orang-orang terdekat Anda. Artinya, mereka juga turut sedih dan cemas jika orang yang disayangi ( Anda ) jatuh sakit.
Penyakit adakalanya juga membuat Anda terpaksa cuti bekerja atau bersekolah sehingga akan menurunkan produktivitas Anda. Sebenarnya bukan hanya Anda yang mengalami penurunan produktivitas, tetapi pasangan Andapun mungkin perlu cuti dari pekerjaannya untuk merawat dan menjaga Anda selagi sakit. Semakin sedikit hari kerja, itu juga semakin sedikit jumlah penghasilan yang Anda peroleh. Selain itu ada tambahan biaya pengeluaran yang perlu Anda keluarkan sehubungan dengan penyakit: biaya berobat ke dokter, biaya pembelian obat, biaya perawatan rumah sakit, dan lain sebagainya.
Karena alas an-alasan inilah, dan banyak alas an lainnya, maka kita perlu berusaha menjalani hidup secara lebih baik ( lebih sehat ). Tapi kenyataanya, banyak dari kita yang gagal untuk menjalani perilaku hidup sehat. Berikut ini, kami menyajikan beragam cara mengenai bagaimana Anda dapat memperbaiki kondisi kesehatan Anda dan hidup Anda secara menyeluruh. Dengan Mengikuti langkah-langkah berikut ini; Anda dapat menemuakan bahwa Anda bukan hanya dapat menjaga kesehatan tubuh tetapi juga dapat memperbaiki kualitas hidup Anda.

Semua Ini Adalah Pilihan Hidup
Kehidupan menawarkan segala macam pilihan untuk Kita. Apa yang Anda Gunakan, apa yang Anda Makan, program televise apa yang Anda saksikan, orang yang Anda inginkan untuk menemani Anda pada saat tertentu, semuanya ini akan member dampak terhadap diri Anda di kemudian hari. Oleh karnanya, sangat penting bagi Anda untuk bertindak hati-hati terhadap cara yang Anda jalani atau sesuatu yang Anda pilih. Salah satu jenis pilihan yang dapat membawa perubahan yang berarti terhadap hidup Anda yaitu Gaya Hidup.
Pada dasarnya, ada beberapa “aturan kehidupan mendasar” yang perlu Anda jalani :
1. Tetap aktif
2. Makan secara tepat
3. Tidak tidur
4. Tetap bersikap dan berpikir positif
5. Lebih banyak mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan diri sendiri
Memilih Jenis Aktivitas
Melibatkan lebih banyak aktivitas fisik dalam kehidupan Anda sehari-hari dapat menjadi suatu tindakan jangka panjang yang dapat memperbaiki kondisi kesehatan Anda memperpanjang usia Anda. Anda mingkin beranggapan bahwa berjalan kaki memgelilingi rumah selama lima menit setiap hari itu sudah cukup. Anggapan yang tidak tepat.
Jika Anda berjalan kaki sebanyak enam hingga dua belas kali sehari dengan kecepatan tinggi, mungkin ini baru ada manfaatnya untuk kesehatan Anda. Tapi untuk membantu Anda dalam menilai apakah nda sudah cukup aktif, Anda perlu menggunakan piramida Aktivitas.
1. Tetap Aktif dan Gemar Jalan
2. Melatih jantung dan Paru-paru Anda
a. Frekuensi
b. Intensitas
c. Waktu ( durasi )

3. Tingkatkan Secara Bertahap
4. Renggangkan dan Perkuat Otot Anda
5. Puncak Pramida Aktivitas
6. Memilih Makanan
7. Kelompok Makanan
a. Roti, Sreal, Nasi, Pasta
b. Buah dan Sayuran
c. Susu, Yogurt, dan Keju
d. Daging, Unggas, Ikan, Biji-bijian Kering, Telur, dan Kacang-kacangan
e. Lemak, Minyak, dan Gula
8. Takaran Saji
a. Roti, Sereal, Nasi, dan Pasta
1 potong roti tawar
½ cangkir sereal hangat
1 cangkir sereal kering
½ cangkir nasi atau pasta matang

b. Buah-buahan
1 buah berukuran sedang
½ jeruk grapefruit
¾ cangkir jus
½ cangkir potongan-potongan buah, beri, buah kaleng, atau buah beku
¼ cangkir buah kering

c. Sayuran
½ cangkir sayuran matang
1 cangkir sayuran mentah berwarna hijau daun
¾ cangkir jus sayuran
½ cangkir sayuran mentah cincang
1 buah kentang berukuran kecil

Sumber : Health Guide Magazine ( Golden Rules For Healthy Living )

Read Another Articles :
Apa Itu Ginjal? Apa yang dimaksud dengan gagal ginjal

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *