mencegah bau mulut saat puasa Bagaimana caranya ?

Inilah Tips tips bagaimana mencegah bau mulut saat puasa. Masalah yang biasa kita hadapi saat puasa adalah kadang kepercayaan diri kita hilang disebabkan bau mulut yang tak sedap . Berikut tips2 untuk mencegah bau mulut saat puasa :

1. Gosok Gigi Secara Teratur

Biasakan untuk menggosok gigi Anda secara teratur sebanyak 2 kali sehari (setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa). Sebaiknya Anda juga membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi sehingga semua sisa makanan menempel yang menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut dapat hilang.

 2. Jangan Mengkonsumsi Makanan Berbau Tajam Ketika Anda sahur dan berbuka puasa,

jangan mengkonsumsi makanan yang berbau tajam seperti jenykol dan pete. Meskipun Anda sudah menggosok gigi, bau tajam dari makanan tersebut sulit dihilangkan karena memicu bau mulut yang tidak sedap.

mencegah bau mulut saat puasa

mencegah bau mulut saat puasa

3. Banyak Minum Air Putih

Untuk menjaga keseimbang-an air dalam tubuh, Anda harus minum air putih sebanyak – banyaknya (8 gelas sehari) sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut dan dapat membantu menjaga kebersihannya.

4. Perbanyak Konsumsi Vitamin C & Keju Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti Berry, Jeruk dan Melon, karena buah-buahan tersebut menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, konsumsi juga keju, sebab keju mengandung kalsium, rendah karbohidrat dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

5. Gunakan Obat Kumur Untuk hasil yang lebih maksimal, dapat digunakan obat kumur, tetapi Anda harus cermat dalam memilih obat kumur yang tepat, aman dan tidak merusak email gigi Anda. Sekarang ini terdapat berbagai macam jenis obat kumur yang tersedia di toko-toko dan bisa didapatkan dengan mudah.

Baca Juga Yang satu ini ...
Vitamin D mengurangi angka kematian

Obat kumur dari bahan alam/herbal bisa menjadi alternative pilihan sebagai teman Anda menjaga kesegaran nafas selama bulan puasa, sehingga tetap nyaman beraktivitas.

6. Perbanyak Makanan & Minuman Berserat

Makan makanan berserat seperti buah apel, bengkuang, atau wortel, berarti Anda sudah berusaha untuk mengurangi bau mulut.

7. Minum teh hijau juga dapat menghilangkan bau mulut

Demikian tips tips mencegah bau mulut saat berpuasa  semoga bermanfaat =)

Sumber :  aura edisi 13

 

Baca juga artikel menarik lainnya : Cara mengetahui ukuran lemak tubuh anda

 

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *