Mengendalikan kadar gula darah

 

Mengendalikan kadar gula darah, Pada kasus kedua telapak kaki terasa nyeri, dan seperti kecabaian, Rasa tertusuk duri dan panas, dua hal terjadi. Pertama dosis obat terus-menerus dengan dosis yang tidak diatur kembali. Prinsip pemberian dosis obat kencing manis, berapa dosis terendah yang memberikan efek optimal. Kalau cukup setengah tablet, tak perlu minum satu tablet.

Mengendalikan kadar gula darah

Mengendalikan kadar gula darah

Yang terjadi, betul rutin dan tertib minum obat, namun tidak dilakukan upaya tera dosis, apakah dosisnya masih memadai. Mengapa?

Oleh karena dosis obat juga harus mempertimbangkan porsi makan dan seberapa besar kalori yang terpakai sehari-hari untuk beraktivitas. Kalau dosis obatnya tetap saja, sedang porsi makannya melebihi takaran, dan bergiat fisiknya kurang, maka gula darah akan meninggi.

Maka bila porsi makan melebihi takaran, dosis obatnya perlu ditambah, kalau tidak mau mengurangi porsi makannya. Selain itu aktivitas fisiknya harus lebih bergiat. Dengan demikian, kalori yang masuk seimbang dengan kalori yang terpakai. Itu sebab penting untuk tetap menakar porsi makan setiap hari agar senantiasa seimbang dengan dosis obatnya, setelah dihitung seberapa besar kalori terpakai untuk beraktivitas. Kalau ketiga terjaga seimbang, gula darah terkendali.

Namun kenyataannya memang tidak selalu mudah bisa persis tepat imbangan antara dosis obat, porsi makan, dan aktivitas harian. Maka amat penting bagi pengidap kencing manis agar pola hidup hariannya dijaga senantiasa tidak terlampau berubah.

Jadi kalau sudah hapal seberapa porsi takaran makan harian, terutama takaran nasi, roti, mi, ubi, kentang, sagu, pertahankan agar senatiasa tetap sebanyak itu yang dikonsumsi. Itu dengan catatan dosis obat juga rutin diminum dengan takaran yang sudah tertentu, selain aktivitas fisik juga ajeg sebesar itu setiap hari. Setiap perubahan pada salah satunya, maka gula darah akan berfluktuasi ke arah yang merugikan.

Baca Juga Yang satu ini ...
3 Tips Sakti Membuat Mata Indah Dengan Maskara

Sebaliknya, bila dosis obat tetap, namun porsi makan berkurang, dan aktivitas fisik malah bertambah, kemungkinan gula darah malah terlalu rendah. Gula darah rendah bukan tanpa bahaya, karena bisa menimbulan syok hypoglycemic.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Bahaya Mengonsumsi Makanan Berlemak

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *