Menggunakan Kertas Koran Bekas sebagai bungkus makanan sangat berbahaya

 

Menggunakan kertas koran bekas sebagai bungkus makanan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebab, logam berat berbahaya, seperti timbal, pada kertas akan berpindah ke makanan akibat adanya suhu tinggi pada makanan yang baru saja dimasak.

Di dalam tubuh manusia, timbal masuk melalui saluran pernapasan atau pencernaan menuju sistem peredaran darah, kemudian menyebar ke berbagai jaringan lainnya, seperti ginjal, hati, otak, saraf, dan tulang. Keracunan timbal pada orang dewasa ditandai dengan gejala pucat, sakit, dan lumpuh. Keracunan yang terjadi pun bisa bersifat kronis dan akut.

Menggunakan Kertas Koran Bekas sebagai bungkus makanan sangat berbahaya

Menggunakan Kertas Koran Bekas sebagai bungkus makanan sangat berbahaya

Penggunaan kertas yang telah diputihkan dan sering kali digunakan sebagai pembungkus teh celup juga berbahaya bagi tubuh. Sebab, pada kertas ini, sudah ditambahkan bahan pemutih (chlorine); suatu unsur yang dapat menimbulkan kanker.

Bila terkena suhu tinggi, kertas tersebut akan menghasilkan dioksin; suatu senyawa racun yang berbahaya bagi kesehatan. Pada tahun 1998, WHO menetapkan ambang batas aman konsumsi dioksin, yaitu 1-4 pikogram (sepertriliun gram) dioksin per kilogram berat badan.

Dalam jumlah besar, dioksin akan bersifat karsi-nogenik (menyebabkan kanker). Konsentrasi lebih tinggi lagi akan mengakibatkan penyakit kulit chlo-racne (jerawat yang parah disertai dengan erupsi kulit dan kista). Selain itu, dioksin juga akan menyebabkan penurunan hormon reproduksi laki-laki hingga 50%, serta terjadinya kanker prostat dan kanker testis. Sementara itu, pada wanita, dioksin mengakibatkan terjadinya kanker payudara dan endometriosis, yakni jaringan selaput lendir rahim yang masih berfungsi ternyata tumbuh di luar rongga rahim.

Pembungkus kertas koran tersebut sama halnya dengan plastik. Monomer atau komponen pembuat plastik bisa berpindah juga ke makanan karena kontak dengan suhu yang tinggi. Nah, untuk menyiasatinya, siapkan tempat makanan yang memang aman {food grade). Maka dari itu hindarilah Menggunakan Kertas Koran Bekas sebagai bungkus makanan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga Yang satu ini ...
cara penyembuhan penyakit fatty liver dengan smart detox

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Jangan Abaikan Stress

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *