MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL

Metode Menghitung Berat Bdan Ideal

Sebelum masuk pada pembahasan selanjutnya ada baiknya kita mengetahui ukuran berat badan yang ideal. Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya seperti apa dan bagaimana menghitung berat badan yang ideal itu.

Kategori berat badan yang ideal dapat diketahui dengan mengukur Body Mass Index (BMI) atau sering juga disebut Indeks Masa Tubuh (IMT). Metode ini dipakai untuk mengeta-hui kategori berat badan ideal seseorang dengan cara membandingkan berat dan tinggi badannya. Berat badan ideal seseorang sangat dipengaruhi oleh tinggi badannya.

Cara menghitung Body Mass Index (BMI) adalah sebagai berikut:

Body Mass Index (BMI) =                Berat Badan (kg)
__________________________________
Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)

Sebagai contoh, Uci memiliki tinggi badan 150 cm dengan berat badan 75 kg. Maka hasil hitungan BMI Uci adalah:

Body Mass Index (BMI) =          75 kg
_________
= 33,33
1.50 x 1.50

Jadi, sudah berada dalam kategori berat badan idealkah berat badan Uci? Untuk mengetahuinya kita bisa melihat dalam tabel klasifikasi nilai BMI di bawah ini.

BMI (IMT)                                                     Status Gizi                                                            Kategori

BMI <17.0                                                    Gizi Kurang                                                           Sangat Kurus

BMI 17.0-18.5                                             Gizi Kurang                                                           Kurus

BM118.5-25.0                                             Gizi Baik                                                                Normal

BMI 25.0-27.0                                             Gizi Lebih                                                              Gemuk (berat badan berlebih)

BMI > 27.0                                                   Gizi Lebih                                                              Sangat Gemuk (obesitas)

 (Sumber: Departemen Kesehatan Rl)

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa berat badan Uci masuk dalam kategori obesitas (sangat gemuk), yaitu dengan BMI sebesar 33,33 berada di atas BMI 27,0.

Lalu berapa ukuran berat badan yang ideal untuk Uci? Rumus untuk mengetahui berat badan ideal Uci adalah sebagai berikut.

Berat badan ideal = (Tinggi Badan – 100) x 90%

Cara penghitungannya adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal untuk Uci = (150- 100) x 90%
= 50 x 90%
= 45

Dari penghitungan di atas dapat diketahui bahwa berat badan ideal untuk tubuh Uci adalah 45 kg.

Selain metode BMI di atas, untuk menentukan seseorang mengalami obesitas atau tidak caranya adalah dengan meng-ukur lingkar pinggang. Seseorang yang mengalami kegemukan pasti diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang. Oleh karena itu, ukuran lingkar pinggang ini bisa digunakan sebagai tolok ukurnya. Mengukur obesitas dengan lingkar pinggang juga berguna untuk mengetahui sindrom metabolik, yaitu kemungkinan seseorang mengalami kondisi tertentu. Antara lain, kadar gula darah tinggi, kadar trigliserida darah tinggi, hipertensi, dan serangan jantung. Lingkar pinggang yang berlebihan, terutama pada kaum pria, berkaitan erat dengan risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler.

Ukuran normal lingkar pinggang sesuai jenis kelamin adalah sebagai berikut:

Wanita = Lingkar Pinggang < 80 cm
Pria      = Lingkar Pinggang < 90 cm

 

Kesimpulan
MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL Ada Rumusnya, Jika Anda ingin mendapatkan Berat badan Yang ideal, Anda bisa mengikuti Saran & Rumus diAtas

MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL

MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL

Sumber : CARA CEPAT & SEHAT TURUNKAN BERAT BADAN
Artikel Lainnya : Vertigo

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *