Mitos-mitos diet

Diet ketat tanpa anjuran tenaga profesional dapat membahayakan tubuh. Apalagi, begitu banyak mitos-mitos seputar diet penurunan berat badan yang ternyata salah dan bisa menyesatkan.

* Cara menurunkan berat badan adalah dengan tidak makan atau makan sesedikit mungkin

Salah.Tidak makan dapat membuat kita kekurangan kalori dan gizi yang penting untuk pembentukan energi dan pembaharuan sel-sel tubuh. Faktanya, Tidak makan atau bahkan mengurangi makan dapat membuat kita kelaparan dan justru memperbanyak ngemil yang juga dapat meningkatkan badan.

Mitos-mitos diet

* Makan lewat dari pukul 8 malam dapat membuat badan gemuk

Salah. Waktu makan tidak ada pengaruhnya terhadap berat badan. Kapanpun kita makan, kelebihan kalori yang didapat akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan dalam bentuk lemak. Jadi, bila kita makan pukul 8 malam, tetapi baru tidur sewaktu tengah malam, kalori tadi juga akan habis sesuai dengan aktifitas kita sebelum tidur. Sebaliknya, bila kita makan pukul 5 sore dan langsung tidur, kalori tetap akan menumpuk karena tidak digunakan oleh tubuh. Jika anda ingin tidur beri jarak waktu sekitar 2-3 jam setelah makan.

* Susu dapat membuat gemuk

Benar, bila susu yang di konsumsi merupakan susu tinggi lemak dan kalori. Namun demikian, sekarang sudah banyak susu yang rendah lemak dan kalori atau sama sekali tidak mengandung lemak, tetapi pernilai gizi. Oleh karena itu, jangan takut untuk mengkonsumsi susu walaupun kita sedang dalam usaha menurunkan berat badan.

* Minum kopi dapat menurunkan berat badan

Benar, Kopi mengandung kafein yang dapat menstimulus pengeluaran lemak dengan cara pembakaran lemak oleh otot. Namun, mengkonsumsi kopi demi nenurunkan berat badan tentunya merupakan sesuatu yang kesalahan. Kita harus ingat bahwa di dalam kopi juga terkandung sejumlah gula yang ikut masuk kedalam tubuh. Jarang sekali orang sanggup meminum kopi pahit tanpa gula. Selain itu, mengkonsumsi lebih dari dua gelas kopi sehari dapat meningkatkan efeksamping berupa tremor (gemetar) dan sakit kepala.

Baca Juga Yang satu ini ...
Suplemen Penting Untuk Golongan Darah A

* Minum banyak air putih dapat membantu menurunkan berat badan

Salah, Banyak orang berfikir demikian karena memang ada teori bahwa minum air putih dapat mengurangi rasa lapar karena air akan mengisi lambung. Pernyataan tersebut benar adanya. Namun demikian efek tersebut bersifat sementara. air akan langsung melewati lambung dan menuju usus halus. Dalam waktu singkat, kita akan merasa lapar lagi.

* Tidak sarapan pagi baik untuk diet penurunan berat badan

Salah, Sarapan pagi justru merupakan waktu makan paling penting yang tidak boleh dilewati. Jika tidak sarapan, kadar gula darah dalam tubuh akan menurun sehingga konsentrasi akan terganggu serta timbul perasaan lemas dan sensitif

* Berjalan adalah cara terbaik untuk mengurangi berat badan

Benar, Sama seperti aktifitas fisik lain, berjalan bisa membakar kalori dan menbantu mengurangi berat badan. sangat baik jika kita
melakukan jalan cepat, bukan jalan pelan-pelan. Kecepatan berjalan harus ditambah secara progresif dan berirama. Makin lama kita berjalan, makin banyak kita menbakar kalori.

* Bila mau manurunkan berat badan, harus menghindari karbohidrat

Salah, Karbohidrat hanya akan membuat gemuk jika dikonsumsi dengan bahan makanan lain yang mengandung lemak, sepaerti krim atau mentega. Karbohidrat sebenarnya memiliki kadar kalori lebuh rendah dari lemak.

* Diet rendah atau tanpa lemak menyehatkan

Salah, Diet rendah lemak atau pantang lemak dapat menyebabkan berbagai gangguan dalam tubuh. Lemak sebetulnya sangat berguna badi tubuh. Lemak menghasilkan asam lemak esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh dan hanya bisa didapat dari asupan makanan. Asam lemak esensial penting untuk mengontrol peradangan,pembekuan darah, dan perkembangan otak. Lemak juga penting sebagai sumber energi tubuh.

Sumber 58 QA Seputar diet, makanan, dan suplemen oleh Tim dokteranda

Baca Juga Yang satu ini ...
Lemak memiliki nilai kalori

Visit : www.SmartDetoxSynergy.com

Baca artikel menarik lainnya : Tubuh Gemuk Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *