Olahraga mengurangi kolesterol

Olahraga dan Kolesterol

Bila Anda sedang menyusun program pcnurunan kadar kolesterol, maka bergantung pada obat penurun kolesterol saja tanpa mengatur pola makan dan berolahraga adalah tindakan yang sia-sia. Program penurunan kolesterol harus dilakukan secara multidisiplin.

Perubahan gaya hidup merupakan lini pertama dalam program penurunan kolesterol jahat. Gaya hidup ini meliputi menghindari makanan tinggi kalori dan sumber kolesterol, serta menggantinya dengan makanan sehat dan sumber serat. Gaya hidup lain yang harus dimodifikasi adalah berolahraga. Bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti kegemukan, diabetes, merokok, kolesterol tinggi, dan memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, olahraga sangat disarankan. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) 3-6% dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sampai 10%. Selain itu, kadar trigliserida juga akan ikut turun. Tentu saja efek ini tidak bisa didapat dari olahraga saja, tetapi juga harus diperkuat dengan diet. Pendekatannya harus multidisiplin.

Pada dasarnya tidak ada olahraga yang spesifik untuk menurunkan kolesterol. Semua olahraga bisa dilakukan, terutama yang bersifat aerobik dan melibatkan otot-otot besar, seperti berlari, jalan cepat, bersepeda, renang, atau senam. Yang harus dilakukan agar efek penurunan kolesterol itu dirasakan adalah melakukan olahraga secara rutin. Lakukan lima kali dalam seminggu, dimulai dengan tiga kali per minggu, lalu meningkat secara bertahap. Perbaikan profil lemak darah membutuhkan waktu beberapa minggu atau bulan, dipengaruhi oleh kadar lipid dan keluaran kalori mingguan. Olahraganya harus rutin, paling tidak selama 12 minggu. Tidak bisa instan

Kesimpulan
Olahraga & Kolesterol saling berhubungan. Penderita Kolesterol yang tidak diterapi dengan baik dapat terkena penyakit jantung koroner dll. Tapi dengan olahraga secara teratur, Koresterol bisa diatasi. Tapi hal ini tidak instan.

Olahraga mengurangi kolesterol

Olahraga mengurangi kolesterol

Sumber : SEHAT ITU PILIHAN
Artikel Lainnya : Perut kembung gejala apa ?

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *