Olahraga penderita diabetes

Olahraga dan Diabetes

Ada tiga macam pengelolaan diabetes, yaitu dengan mengatur pola makan, latihan jasmani, dan mengonsumsi obat-obat pengendali gula darah secara teratur. Yang akan dibahas saat ini adalah pengelolaan yang kedua, yaitu latihan jasmani atau olahraga.

Olahraga telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perawatan diabetes. Penderita akan memperoleh banyak sekali manfaat dari berolahraga. Salah satunya, olahraga terbukti bisa menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Pengaruh olahraga pada kontrol gula darah telah dibuktikan pada beberapa studi. Menurut studi-studi terse-but, olahraga meningkatkan sensitivitas insulin sehingga ambilan glukosa darah meningkat dan otomatis kadar gula darah berkurang.

Ada beberapa macam olahraga yang bisa dilakukan, antara lain olahraga ringan yaitu berjalan kaki selama 30 menit, olahraga sedang yaitu jalan cepat selama 20 menit, dan olahraga berat yaitu jogging. Tentu saja tidak semua olahraga ini boleh dilakukan oleh setiap penderita karena stadium penyakit mereka belum tentu sama. Dengan intensi-tas latihan 3-4 kali seminggu, terbukti HbAlc, yaitu penanda diabetes kalau kadarnya lebih dari 7%, dapat turun sampai 20%. Penurunan terbaik dihasilkan pada kelompok penderita diabetes ringan dan kelompok resisten insulin, yaitu penderita yang insulin dalam tubuhnya telah resisten terhadap glukosa, yang telah mengubah gaya hidupnya menjadi gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat yang dimaksud di sini adalah pengaturan pola makan yang sesuai kesehatan.

Penderita diabetes yang tidak diterapi dengan baik dapat terkena penyakit jantung koroner (PJK). Tapi dengan olahraga secara teratur, faktor risiko PJK yaitu hiperinsulinemia, hipertensi, kelainan metabolisme seperti hipertrigliseridemia, HDL rendah, LDL, dan FFA tinggi dapat diatasi. Dengan demikian, potensi terjadinya PJK ini dapat dikurangi.

Nutrisi Khusus

Buncis. terbukti mampu mengobati diabetes mellitus karena di dalam buncis terkandung b sitosterol dan stigmasterol yang mampu mening-katkan kadar insulin.

Bawang merah Bawang merah sudah lama menjadi favorit dalam ilmu kedokteran sebagai obat diabetes. Penelitian-penelitian modern pun memperlihatkan bahwa bawang merah memiliki kekuatan menurunkan gula darah. Bawang merah mempunyai kemampuan hipoglikemia menurunkan kadar gula darah aktif dengan adanya allyl propyl disulfide dan allicin.

Bukti eksperimen dan klinis menunjukkan bahwa allyl propyl disulfide menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan “masa hidup” (lifespan) insulin. Kesim-pulannya adalah apabila kita mengonsumsi bawang merah, se-nyawa antidiabetes akan segera aktif dan membunuh/menurun-kan gula darah.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kolesterol yang tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, tapi juga orang yang kurus. Tidak hanya orang yang sudah bcrumur saja yang bisa terkena, orang-orangyang masih muda pun bisa. Untuk menjaga agar kolesterol dalam darah tetap normal, setiap orang dari berbagai kalangan harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat.

Kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel yang dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol, dan trigliserida. Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita di samping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Di samping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol dibutuhkan terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur, dan makanan yang disebut sebagai makanan sampah (junk food). Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis, yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini me-rupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kesimpulan
Olahraga Dan Diabetes, saling berhubungan. Penderita diabetes yang tidak diterapi dengan baik dapat terkena penyakit jantung koroner (PJK), Tapi dengan olahraga secara teratur, Diabetes bisa salah satu cara mengatasi Penyakit Diabetes.

Olahraga penderita diabetes

Olahraga penderita diabetes

Sumber : SEHAT ITU PILIHAN
Artikel Lainnya : Penyebab peradangan sendi

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *