Panduan Nutrisi Yang Baik

Saat sedang melihat menu di sebuah restoran, saya terenyak membaca sebuah pilihan masakan “rendah karbohidrat” yaitu sepiring penuh pasta dengan topping sayuran atau biasa dikenal dengan pasta primavera. Sebagian besar kalori dalam masakan tersebut jelas-jelas berasal dari karbohidrat. Bagaimana mungkin bisa disebut “rendah karbohidrat”?

Kecanduan “karbohidrat” ini hampir dapat dipastikan sebagai hasil dari pesan-pesan diet mendiang Dr. Atkins. Namun, sekarang ini buku Dr. Atkins’ New Diet Revolution telah digantikan oleh The South Beach Diet sebagai penguasa buku diet. The South Beach Diet dipilih karena dianggap lebih moderat, lebih mudah diikuti, dan lebih aman daripada program diet Atkins. Namun, dari kacamata saya, serigala “penurun berat tubuh” telah memakai jubah bulu domba yang lain. Kedua program diet tersebut terbagi atas tiga tahap, sangat membatasi asupan karbohidrat pada tahap pertama dan sangat menggantungkan diri pada daging, susu, dan telur. 7he South Beach Diet, misalnya, melarang konsumsi roti, nasi, kentang, pasta, makanan-makanan yang dipanggang, gula, dan bahkan, buah-buahan selama dua minggu pertama program diet. Setelah itu, Anda dapat kembali mengonsumsi karbohidrat hingga Anda mulai mengonsumsi, menurut pandangan saya, pola makan khas Amerika. Mungkin inilah sebabnya 7he South Beach Diet begitu laris di pasaran. Newsweek menulis, seperti yang dilansir oleh situs web The South Beach Diet, “Nilai sesungguhnya dari buku ini adalah rekomendasi nutrisinya yang jelas. Program ini mempertahankan bagian terbaik dari program Atkins, yaitu daging, sementara itu menghilangkan sebuah karbohidrat yang seharusnya dihindari.”‘

Siapakah di Newsweek yang bertanggung jawab menelaah literatur tersebut sehingga dapat mengatakan bahwa itu adalah rekomendasi nutrisi yang baik atau tidak? |ika Anda mengikuti program diet Atkins, ditambah dengan mengonsumsi sedikit “karbohidrat”, apa bedanya dengan pola makan standar warga Amerika, pola makan beracun yang telah terbukti membuat kita gemuk, terkena penyakit jantung, merusak ginjal, menjadikan buta, dan memberi Alzheimer, kanker, dan berbagai masalah kesehatan lainnya?

Ini hanyalah sekelumit dari kesadaran nutrisi di Amerika dewasa ini. Setiap hari saya memikirkan bagimana jutaan penduduk Amerika tenggelam dalam arus informasi nutrisi yang sangat buruk. Saya tahu sebagian penduduk Amerika menginginkan kebenaran dan tidak pernah mampu menemukannya karena kebenaran tersebut ditenggelamkan oleh omong kosong. Hanya sedikit informasi tentang nutrisi yang mencapai khalayak umum yang sesungguhnya didasari oleh ilmu pengetahuan, dan kita harus membayarnya dengan mahal.

Di awal buku ini saya telah mengutarakan bahwa tuiuan saya adalah mendefinisi ulang tara kita menerima inlormasi nutrisi—menghapuskan kebingungan, membuat sehat meniadi sesuatu yang sederhana, dan mendasarkan klaim saya pada bukti yang berasal dari penelitian nutrisi yang telah ditelaah, yang telah dipublikasikan dalam berbagai jurnal profesional yang juga telah ditelaah.

Saya ingin merangkum pelajaran nutrisi yang dapat diambil dari bukti-bukti yang jumlahnya sangat banyak tersebut dan dari pengalaman saya pribadi selama lebih dari 40 tahun terakhir. Saya akan membuat sebuah panduan nutrisi sederhana. Saya telah membagi pengetahuan yang saya miliki menjadi beberapa prinsip inti. Prinsip prinsip tersebut dapat menjelaskan bagaimana sesungguhnya nutrisi dan kesehatan bekerja. Saya juga telah menerjemahkan ilmu pengetahuan ke dalam rekomendasi pola makan sehingga Anda dapat menerapkannya. Anda tidak hanya akan mendapatkan pemahaman baru mengenai nutrisi dan kesehatan, tetapi juga akan mengetahui makanan apa yang seharusnya Anda konsumsi dan yang harus Anda hindari. Apa yang akan Anda lakukan setelah mengetahui informasi ini adalah keputusan Anda. Namun, paling tidak Anda tahu bahwa Anda. sebagai seorang pembaca dan seorang manusia, akhirnya diberikan suatu informasi yang bukan omong-kosong.

KESIMPULAN
Panduan Nutrisi Yang baik bisa Anda temukan sarannya diatas ini

SUMBER                                           : RAHASIA SEHAT ORANG CHINA 

LIHAT ARTIKEL LAINNYA        : Manfaat & Kandungan Tepung

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *