Penderita Diabetes DiIndonesia

Penderita Diabetes DiIndonesia Ada 7,6 Juta

MENURUT laporan terbaru dari Novo Nordisk. hanya 41 persen orang Indonesia yang mengidap diabetes mengetahul kondisinya. Sebanyak 39 persennya mendapatkan pengobatan dan hanya 0,7 persennya mencapai sasaran pengobatan diabetes.

Saat ini, ada 7.6 Juta orang Indonesia mengidap diabetes. Kondisi ini membahayakan. Diabetes tanpa pengobatan akan menyebabkan teijadinya komplikasi lebih serius, seperti merusak ginjal dan jantung. Akibatnya, akan membuat orang menjadi tidak produktif dan biaya keschatan mahal dan panjang. Kondisi tersebut akan membebani keluarga dan negara pada lingkup lebih besar.

Menurut Direktur penyakit tidak menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Ekowati Rahajsng. pengendalian diabetes tidak bisa dibebankan hanya kepada Kementerian Kesehatan saja. Tapi harus multifaktor. Terutama deteksi dini dan pencegahan. Pencegahan bisa dilakukan dengan mengurangi faktor risiko teijadinya diabetes, antara lain, menjaga berat badan agar tidak obesitas, perilaku hidup sehat, dan berolahraga.

“Pengendalian diabetes tidak bisa dari Kementerian Kesehatan saja. Kami lebih pada promosi preventif. Mencegah yang sehat menjadi diabetes. Dan jika sudah diabetes mencegah agar jangan terjadi komplikasi.” ujar Rahajeng saat acara Blueprint for Change Launch’ di kantor Kemenkes RI, Selasa, Kuningan, Jakarta Selatan, (3/9).

Untuk mengetahui seseorang terkena diabetes atau tidak, harus dicek kadar gula darah dalam tubuh. Seseorang dikatakan normal, Jika gula darah puasa sama atau di bawah 100 mg/dl. Selain itu, dua Jam setelah makan. kadar gula tidak lebih dari 140 mg/dl.

GEJALA DIABETES:

• Haus yang berlebihan.

• Sering buarig air keal.

• Kelelahan.

• Pandangan kabur.

• Kurangnya berat badan.

 

KESIMPULAN
Penderita Diabetes DiIndonesia Ada 7,6 Juta. Jika Anda tidak mau termasuk dalam jumlah itu lebih baik Anda menjaga kesahatan Anda.

SUMBER                              : KORAN WARTA KOTA
ARTIKEL LAINNYA            : Lulur Pria

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *