Pengertian Detok dengan metode gurah

 

Pengertian Detok dengan metode gurah, Gurah adalah cara pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan ekstrak tanaman sirgunggu. Caranya dengan meneteskan cairan ekstrak tanaman sirgunggu ke mulut atau lubang hidung. Tujuannya adalah mengeluarkan endapan kotoran dari dalam tubuh yang berupa dahak dan lendir yang disebabkan oleh polusi udara (debu, asap, zat kimia, dan virus) serta nikotin akibat merokok. Berbagai endapan yang bersifat racun tersebut akan keluar terutama melalui hidung dan mulut sehingga saluran pernapasan akan lega dan segar kembali.

Pengertian Detok dengan metode gurah

Pengertian Detok dengan metode gurah

Gurah merupakan cara pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun. Dahulu gurah dijalani dalang, pesinden, penyanyi, qari, ataupun qariah yang menginginkan suaranya nyaring. Namun, belakangan gurah juga ditujukan untuk mengobati asma dan menghilangkan dahak di tenggorokan.

Sirgunggu adalah sejenis tanaman perdu yang tingginya lebih kurang tiga meter. Daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai memanjang, tebal, dan kaku. Bunganya berwarna putih-violet tersusun dalam malai (untaian). Buahnya berwarna hijau kehitaman berbentuk bulat telur.

Sirgunggu dikenal sebagai salah satu tumbuhan obat yang sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sejak zaman dahulu. Akarnya diremas-remas halus dan ditelan untuk mendapatkan suara yang jernih. Seduhan akarnya merupakan obat asma, bronkitis, atau sebagai peluruh air seni untuk penderita kencing batu.

Selain untuk gurah, tanaman sirgunggu punya banyak khasiat. Daun tanaman ini bermanfaat untuk menyegarkan kondisi wanita yang sedang nifas. Sebagai obat luar, daun ditumbuk dengan adas pulosari untuk encok dan nyeri atau kelelahan pada sendi. Daun sirgunggu yang masih muda diremas-remas dan ditambah sedikit kapur bisa menjadi obat gosok. Seduhan daun sirgunggu dengan garam serta temulawak dapat diminum untuk perut yang membusung dan sebagai obat cacing.

Baca Juga Yang satu ini ...
Ada dua cara metode gurah

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari detoks dengan metode gurah.

  •  Gurah dapat mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit, antara lain TBC, asma, sinusitis, sesak napas, batuk berkepanjangan, sakit paru-paru, sakit kepala, mudah pusing, stres, migrain, flu, pilek, alergi debu, sinusitis, hidung meler berkepanjangan, darah tinggi, gangguan lambung, saluran pernapasan, dan lain-lain.
  •  Gurah bisa membuat suara jadi nyaring dan panjang sehingga sangat baik untuk penceramah, reporter, pengkhotbah, pembawa acara, guru dan lain-lain.
  •  Gurah menjadikan suara merdu, bersih, dan halus sehingga sangat baik untuk penyanyi dan qari-qariah.
  • Gurah dapat menambah volume paru-paru dan memperpanjang napas sehingga sangat baik untuk para olahragawan atau atlet.

Sumber : Hidup sehat dengan detoks

Oleh : iyan sugung

Baca artikel menarik lainnya : Gejala awal stroke yang perlu anda ketahui

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *