Pengertian Penyakit Darah Tinggi

 

Penyakit ganas selanjutnya yang disebabkan oleh kesalahan pola makan adalah penyakit darah tinggi atau hipertensi. Beberapa gejala dari penyakit ini ialah sakit kepala, yang kemudian meningkat menjadi stroke, baik stroke ringan maupun berat, lalu kematian. Jadi, darah tinggi juga merupakan awal penyakit ganas, seperti stroke.

Namun, darah tinggi juga merupakan penyakit yang bisa diakibatkan oleh penyakit lainnya. Misalnya, kolesterol atau arterosklerosis yang mampu menjadi penyebab terjadinya komplikasi hipertensi dan jantung akibat proses kerusakan menahun pada permukaan sisi dalam pembuluh nadi.

Pengertian Penyakit Darah Tinggi

Pengertian Penyakit Darah Tinggi

Darah tinggi termasuk salah satu penyakit degeneratif yang sangat kompleks penyebabnya. Penyakit ini bukan single desease, tetapi hetergeneouse group of clesease. Kebanyakan penderita darah tinggi tergolong ke dalam kategori darah tinggi primer (belum diketahui penyebabnya secara jelas). Misalnya, orang yang terkena darah tinggi primer mungkin dikarenakan umur yang meningkat, stres psikologis, hereditas, atau pola makan yang buruk.

Dalam kaitannya dengan pola makan, darah tinggi dikarenakan konsumsi makanan yang tidak seimbang gizinya. Sebagaimana Darah tinggi merupakan penyakit degeneratif yang dialami oleh anak-anak saat ini, khususnya di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat dan Eropa. Salah satu faktor yang diduga kuat sebagai penyebabnya adalah konsumsi junk food yang meningkat.

Pada dasarnya, ada beberapa penyebab darah tinggi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi sodium tinggi; makanan olahan banyak mengandung sodium tinggi yang dapat menyebabkan penimbunan cairan dan memberikan tekanan ekstra pada pembuluh-pembuluh darah.

2. Tidak tahu kondisi yang dapat menyebabkan darah tinggi; silent killer terjadi jika pembuluh darah kehilangan elastisitas dan menjadi rentan cedera, serta jantung dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa jumlah darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dalam hal ini, konsultasi ke dokter merupakan langkah yang tepat untuk mendeteksi dini.

Baca Juga Yang satu ini ...
Tips Makan Buah yang benar saat diet

3. Mengurangi makanan yang tidak baik bagi kesehatan; timbunan sampah dan toksin dapat dihilangkan dengan bantuan serat yang diperoleh dari air, jus segar, wortel, bit, dan semangka.

4. Salah memilih makanan; batasi makanan berlemak, makanan asin, makanan olahan, terutama keju, dan makanan kemasan.

5. Melakukan diet buruk; diet boleh dilakukan, asalkan dalam komposisi yang tepat. Sebab, diet yang buruk hanya akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Penyakit  Asam Urat

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *