Pentingnya Minum Cukup Air

 

Pentingnya Minum Cukup Air. Air merupakan kebutuhan tubuh kedua setelah oksigen. 70% tubuh manusia terdiri atas air. Di dalam tubuh, air berfungsi sebagai berikut:

a. Untuk membantu proses kerja dalam tubuh, seperti pencernaan, penyerapan, sirkulasi, dan pembuangan kotoran.

b. Untuk memelihara suhu tubuh, sebagaimana air di dalam radiator mobil.

Pentingnya Minum Cukup Air

Pentingnya Minum Cukup Air

Meskipun begitu, banyak orang yang mengabaikan waktu untuk minum air sehingga menga-lami dehidrasi ringan sepanjang hari. Bahkan, ada pula beberapa orang yang sebelum meminum air putih pada pagi hari, mereka sudah merokok, minum kopi, dan lain-lain. Ini jelas tidak sehat. Sungguh, air di dalam tubuh sangat penting sehingga tidak bisa diabaikan. Mengabaikan air hanya akan membunuh diri sendiri karena tubuh mengalami kekeringan.

Air di dalam tubuh sangat vital perannya, khususnya dalam proses pencernaan dan metabolisme. Dalam kedua proses ini, air akan mengangkut vitamin-vitamin dan oksigen untuk “memberi makan” sel-sel tubuh melalui darah.

Dehidrasi membuat seseorang merasa lapar dan lelah. Dan, ada banyak risiko yang membahayakan tubuh akibat kekurangan air. Menurut Frank Yatsu dari Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat, pengentalan darah yang terjadi akibat kurang minum itu membuat aliran darah menjadi berat. Dengan demikian, suplai oksigen yang diantarkan ke otak berkurang. Hal ini merupakan awal terjadinya stroke.

Oleh karena itu, setelah makan, konsumsilah air secukupnya. Bawalah sebotol air, lalu minumlah sesuai kebutuhan tubuh. Minum air secukupnya dapat menghindarkan diri dari dehidrasi sekaligus membantu mengendalikan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Agar terhindar dari ancaman serangan jantung

Baca Juga Yang satu ini ...
Tips Masker Wajah Alami Ramuan Sendiri
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *