Penyakit Asam Urat

 

Penyakit ganas lainnya yang disebabkan oleh kesalahan pola makan adalah penyakit asam urat, yaitu sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Adapun purin ialah zat yang ada di dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup.

Dengan ungkapan lain, di dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin tersebut. Nah, karcna Anda mengonsumsi makhluk hidup itu, maka zat purin tersebut pindah atau beralih ke dalam tubuh Anda. Karena zat purin ada di dalam setiap makhluk hidup, maka sayur dan buah pun mengandung purin.

Penyakit  Asam Urat

Penyakit Asam Urat

Selain itu, zat purin juga dihasilkan oleh kerusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau memang karena penyakit tertentu. Normalnya, asam urat akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urine. Tetapi, lantaran ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada, maka menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh karena tidak bisa dikeluarkan melalui feses itulah yang akhirnya menjadikan penyakit dalam tubuh.

Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah terlalu banyak mcngonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Sebab, setiap makanan memang ada zat purinnya, cetapi kadar dan kuantitasnya tentu saja berbeda-beda.

Jika Anda sering kali mengonsumsi makanan yang kaya zat purin maka di dalam tubuh akan terjadi penumpukan atau penimbunan zat purin tersebut. Sehingga, tubuh mengandung asam urat yang berlebih. Asam urat yang berlebih akan terkumpul atau menggumpal pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Setelah menjalani pengobatan yang tepat, asam urat bisa kembali normal. Tetapi, harus diingat bahwa potensi penggumpalan asam urat atau zat purin ini dapat terjadi kapan pun, terutama yang berkaitan dengan aktivitas makan. Sebab, di dalam tubuh selalu ada potensi penumpukan asam urat. Oleh karena itu, Anda harus mengontrol makanan yang dikonsumsi agar bisa mcnghindari atau paling tidak meminimalisir makanan yang banyak mengandung purin.

Baca Juga Yang satu ini ...
kegiatan home clinic smart detox synergy

1. Qejala-Qejala Asam Urat

Asam urat bisa diketahui melalui gejala-gejala berikut:

a. Kesemutan dan linu.

b. Nyeri, terutama pada malam hari atau pagi hari setelah bangun tidur.

c. Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerah-merahan, dan terasa panas.

2. Solusi Mengatasi Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

a. Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2,4—6 pada wanita dan 3—7 pada laki-laki.

b. Mengontrol makanan yang dikonsumsi.

c. Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, Anda bisa membantu membuang purin yang ada di dalam tubuh.

3. Makanan yang Dihindari

Karena asam urat disebabkan oleh zat makanan yang kaya purin, maka Anda perlu mcngetahui dan mengenal jenis makanan sebagai penyebab terjadinya asam urat. Adapun jenis makanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

a. Daging, seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru, dan otak.

b. Makanan laut (seafood), misalnya udang, kerang, cumi-cumi, dan kepiting.

c. Makanan kaleng, seperti kornet, sarden, sup kalengan, dan sejenisnya.

d. Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental serta penuh santan dan minyak.

e. Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya, seperti tempe, tauco, oncom, dan susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, taoge, dan melinjo.

f. Sayuran, misalnya daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, dan buncis.

g. Buah-buahan, seperti durian, Avokad, nanas, dan air kelapa.

h. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol, seperti bir, vodka, wiski, anggur, tape, tuak, dan lain-lain.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Akibat makan berlebihan dapat memicu terkena diabetes

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara Mengencangkan Kulit Wajah Untuk Wanita 40 Tahunan
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *