penyakit insomnia dan pengobatannya

Insomnia

Insomnia atau sulit tidur, bukan hanya kurang tidur tetapi juga tidak bisa tidur nyenyak . Insomnia terdiri dari sulit untuk tertidur, sulit untuk tetap tertidur, terlalu cepat bangun di pagi hari dan tidak dapat tertidur kembali.

Penyebab umum

> Lingkungan tidur yang tidak nyaman, misalnya berisik, panas atau dingin, tempat tidur terlalu keras atau terlalu empuk

> Perubahan gaya hidup, misalnya bepergian, baru pindah rumah

> Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak napas atau sering berkemih

> Stres di rumah atau kantor

> Kecemasan atau depresi

Apa yang dapat Anda lakukan

> Jangan minum alkohol di malam hari. Meskipun alkohol merupakan obat tidur jangka pendek dan bisa segera menyebabkan ngantuk, tetapi alkohol mengganggu tidur dalam. Anda akan terbangun secara tiba-tiba begitu efeknya hilang.

> Jangan merokok, terutama ketika waktu tidur tiba. Nikotin merupakan stimulan yang dapat membuat Anda terjaga atau mengganggu tidur.

CATATAN …..
EFEK KONDISI KESEHATAN TERHADAP TIDUR

Kecemasan dan stres adalah penyebab tersering dari insomnia.

Sekitar 35°o mdividu dengan insomnia kronis mengalami depresi alau kecemasan; tetapi kurang tidur juga bisa disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan. Jika Anda mengalami insomia dan memiliki kondisi kesehatan benkut, tanyakan pada dokter mengenai pengobatan yang harus Anda jalani.

Kondisi pernapasan

Alergi, asma, bronkitis, dan emfisema dapat mengganggu pernapasan di malam hari dan menyebabkan Anda sering terbangun.

Henti napas pada saat tidur (sleep apneu)

Pada kondisi ini, penderitanya berhenti bernapas dengan interval 10-60 detik sebanyak beberapa puluh hingga ratusan kali setiap malam, namun kebanyakan tidak disadari oleh mereka. Gejala antara lain: mendengkur dengan suara keras yang memekakkan telmga, sakit kepala di siang han, dan kelelahan kronis di siang hari. Jika tidak diobati, sleep apneu dapat meningkatkan nsiko untuk mengalami tekanan darah tmggi, penyakit jantung dan stroke. Terapinya terdiri dari: pembedahan (operasi) terhadap kelaman di saluran napas atas, pemakaian perangsang pernapasan, dan penggunaan masker hidung untuk menjaga agar saluran napas tetap •o-‘buka selama tidur.

Heartburn

Heartburn atau rasa panas/terbakar di dada atau ulu hati disebabkan karena naiknya aliran asam lambung ke kerongkongan, memicu refleks yang menyebabkan Anda terbangun. Untuk mengurangi timbulnya gejala heartburn yang mengganggu tidur Anda, jangan makan terlalu larut di malam hari Hindari kopi, alkohol, coklat dan makanan berlemak atau asam. Naikkan posisi tempat tidur bagian kepala dengan mengganjal menggunakan sesuatu setmggi 15 cm. Berhenti merokok karena tembakau menyebabkan cincin esofagus menjadi lemah.

Artritis

Nyeri dan kaku akibai artritis seringkali membuat penderitanya sulit tidur. Pereda nyeri dan latihan teratur untuk menambah jangkauan gerak sendi bisa membantu meringankan gejala artirits.

Menopause

Banyak wanita mengalami sulit tidur dan terbangun awal ketika memasuki masa menopause. Wanita yang menjalani terapi sulih hormon lebih sedikit kemungkinannya mengalami keadaan ini.

Obat-obatan dan tidur

Banyak obat bebas maupun obat dengan resep dokter yang dapat menyebabkan insomnia. Jika Anda mengalami gangguan tidur, tanyakan pada dokter apakah Anda bisa mengganti obat, dosis atau waktu minum obat berikut: pil diet dan obat lain yang mengandung amfetamin, penyekat beta, dekongestan, antidepresi, antihipertensi, steroid, hormon tiroid, antimetabolit, pil KB. bronkodilator untuk asma, dan obat penenang.

> Kurangi asupan kafein. Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi tetapi juga pada coklat, minuman kola dan teh. Jika diduga Anda kurang tidur karena kafein, jangan minum produk kafein minimal 12 jam sebelum tidur.

> Jangan makan banyak-banyak sebelum tidur. Rasa tidak enak karena perut penuh bisa menunda rasa kantuk. Makanlah kudapan ringan. Banyak orang mendapatkan manfaat dari segelas susu hangat ataupun dingin. Secangkir teh herbal yang tidak mengandung kafein juga bisa membantu.

> Mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur dapat mengendurkan otot yang tegang dan membuat Anda mengantuk. Mandi sesaat sebelum tidur justru membuat Anda tidak mengantuk. Tetapi hal ini tidak berlaku umum, tentukan yang mana yang sesuai dengan Anda.

> Melakukan aktivitas fisik secara teratur akan membantu mengurangi ketegangan dan ‘membersihkan’ kepala sehingga Anda dapat tidur lebih  nyenyak. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan dalam waktu beberapa jam sebelum tidur.

> Kamar tidur yang tenang dan gelap. Jika berisik, gunakan sumbat telinga.

> Suhu ruang yang sejuk antara 23-25°C. Kasur yang nyaman juga penting untuk tidur yang nyenyak. Jangan tidur siang terlalu lama. Tidur siang selama 20 menit sudah cukup untuk membuat Anda segar kembali. Tidur siang yang lama dan diatas jam 4 sore bisa mengganggu pola tidur yang normal.

> Membaca beberapa menit sebelum mematikan lampu akan membantu Anda rileks dan merangsang rasa kantuk.

> Menghitung domba tidak dianjurkan. Menghitung menyebabkan otak harus fokus pada aktivitas tertentu. Cobalah menggambarkan diri Anda di sebuah tempat yang menyenangkan dan gunakan imajinasi Anda untuk mendengarkan suara yang tenang sampai Anda tertidur.

>  Jadikan kasur sebagai tempat yang menyenangkan dan tenang. Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan stres atau kecemasan, seperti nonton film horor atau mengecek buku tabungan.

> Waspada akan obat-obatan yang mungkin mempengaruhi pola tidur Anda. Banyak dekongestan yang dijual bebas dan produk-produk yang mengandung pseudoefedrin memberikan efek sebagai kafein. Sebelum memakai obat baru, tanyakan pada apoteker apakah obat tersebut membuat Anda terjaga dan apakah ada produk penggantinya.

> Perlu waktu beberapa minggu untuk mendapatkan kebiasaan tidur yang alami dan baru. Jika tidak terjadi perbaikan, konsultasikan dengan dokter.

Apa yang dapat Dokter lakukan

> Menentukan penyebab insomnia dan mengobatinya.

> Meresepkan obat tidur, bila perlu. Jangan minum obat tidur tanpa saran dari dokter. Obat tidur hanya digunakan untuk mengatasi sulit tidur yang sifatnya sementara pada keadaan tertentu. Pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan.

> Merujuk Anda ke psikiater, bila perlu.

Kesimpulan

Penyakit Insomnia adalah penyakit susah tidur, Hindari Gaya Hidup malam yang berlebihan, banyak istirahat, Jangan minum obat tidur tanpa saran dari dokter

penyakit insomnia dan pengobatannya

penyakit insomnia dan pengobatannya

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Manfaat kesehatan dari berjalan kaki

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *