Penyakit Jantung Aneh “Keshan Disease”

 

Di sebuah desa di China, Mianning namanya, tahun 1974 pernah terjadi wabah penyakit jantung aneh. Belakangan dijuluki “Keshan disease” yang banyak menimpa anak-anak.

Selidik punya selidik penyebabnya kekurangan mineral (trace elements) selenium. Itu terungkap setelah dokter setempat memeriksa unsur selenium yang rendah dalam tanah di desa tersebut. Maka kemudian terbukti kalau penyebabnya kekurangan unsur selenium.

Penyakit Jantung Aneh

Penyakit Jantung Aneh

Setelah anak-anak di desa itu diberikan suplemen selenium, wabah penyakit jantungnya berangsur tiada lagi. Itu berarti, sesungguhnya tidak semua gangguan jantung, baik yang muncul keluhan dan gejalanva, maupun yang tersembunyi dan hanya kedapatan sewaktu dilakukan pemeriksaan ECG, echo, treadmill, atau lainnva, belum tentu sejatinya penyakit jantung. Bisa jadi hanya gangguan sejenak sebab kekurangan atau kelebihan unsur tertentu yang berpotensi memengaruhi kerja dan fungsi jantung.

Termasuk jantung yang terus berdebar memikirkan ongkos hidup yang semakin tinggi dan pada saat yang sama para dokter semakin bergantung cari makan hanya dari menulis resep, bukan jantungan sejati. Sekarang ini pasien dan dokter sudah sama-sama doyan berdebarnya.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Cara membakar lemak perut buncit

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *