penyakit osteomyelitis menyerang organ tubuh manusia

Orangtua mana yang tidak sedih melihat anak mereka harus berjuang melawan penyakitnya? Pastinya setiap orangtua ingin anak mereka tumbuh normal dan sehat selalu. Tapi takdir tentunya tidak bisa ditolak, penyakit infeksi pada tulang dapat menyerang anak-anak kapanpun. Apalagi jika gejala penyakit osteomyelitis ini tidak diketahui dari awal. Tahu-tahu sang anak sudah harus mengalami cacat permanen yang sulit untuk disembuhkan kembali.

Menghindari cacat permanen inilah para dokter menganjurkan kepada orangtua untuk selalu detail memperhatikan tumbuh kembang anak mereka. Osteomyelitis sendiri adalah infeksi tulang akut atau kronis yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Tentunya penyakit ini jauh lebih berbahaya daripada infeksi jaringan lunak. Hal tersebut dikarenakan kurangnya asupan darah, tingginya tekanan jaringan yang terjadi, dan respon jaringan terhadap inflamasi yang terjadi.

Tidak hanya itu, pembentukan tulang baru di sekitar tulang mati turut memberikan kesulitan tersendiri untuk kesembuhan para pasien. Rata-rata mereka yang memiliki riwayat gizi buruk dan obesitas cenderung lebih mudah terkena osteomyelitis. Beberapa kasus pada anak-anak, tulang-tulang yang terkena infeksi ini umumnya pada tulang-tulang panjang di bagian lengan maupun tungkai. Ujung-ujung tulang panjang lebih rawan untuk menerima bakteri atau jamur yang terbentuk.

Ada cara mudah untuk mengenali osteomyelitis pada anak-anak ini, yaitu:

  • Terjadinya nyeri pada tulang
  • Rasa mual yang melanda
  • Demam berkelanjutan
  • Pembengkakan lokal, kemerahan dan iritasi
  • Tulang yang terinfeksi akan sulit untuk digerakkan atau kaku
  • Perasaan tidak nyaman atau kegelisahan

Memang tidak semua tanda-tanda di atas mengarah pada osteomyelitis, tetapi ada baiknya Anda mewaspadai bahaya infeksi ini terjadi pada anak-anak Anda. Berkonsultasi ke dokter menjadi cara paling ampuh untuk mengenali gejala penyakit osteomyelitis yang terjadi. Biasanya dokter akan memerlukan biopsy tulang untuk menentukan langkah apa yang seharusnya diambil untuk melakukan perawatan. Pemberian antibiotik diperlukan untuk mengobati infeksi yang terjadi pada tulang. Jika osteomyelitis telah merusak jaringan lunak, maka mau tak mau jaringan yang rusak dilakukan pengangkatan. Langkah selanjutnya tentu dilakukan pencangkokan tulang untuk mengganti tulang yang telah rusak.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit vertigo dan pengobatannya

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *