Penyakit Stroke Tak bisa diramal

 

Penyakit Stroke Tak bisa diramal. Proses karat lemak pembuluh darah dalam tubuh tidak memilih lokasi. Pada orang berbakat, proses ini akan berlangsung pada semua pembuluh darah tubuh, selain di otak, termasuk di ginjal, bolamata, dan jantung.

Namun karena sumbatan di luar organ vital itu sering tidak bergejala, atau kalau pun bergejala, sering tidak nyata atau kurang mengganggu, biasanya diabaikan. Sumbatan pada pembuluh darah usus, misalnya, muncul sebagai serangan mulas melilit (kolik) yang tidak selalu fatal sifat nya.

Penyakit Stroke Tak bisa diramal

Penyakit Stroke Tak bisa diramal

Sumbatan atau menguncupnya pembuluh darah otak di bagian mana tentu tidak bisa diramalkan. Hanya ada bagian-bagian tertentu dari pembuluh darah yang rentan terbentuk, atau akan tersangkut bekuan darah. Bagian pipa pembuluh yang berkelok, pada tempat-tempat percabangan, dinding pembuluh yang pernah radang atau berkelainan (anomali AVM, arteriovenous malformation). Termasuk tentu peranan terpapar radikal bebas, adanya kuman tertentu dalam aliran darah, tingkat kerusakan trombosit dalam aliran darah, dan kondisi-kondisi lainnya yang menunjang pembentukan karat lemak pada dinding pipa pembuluh darah.

Dokter hanya dapat membaca dari gejala neurologis kalau stroke sudah menyerang, baik yang awal maupun yang sudah komplet. Dari sifat gejala neurologisnya dokter bisa menetapkan proses penyempitan atau perdarahan terjadi di pembuluh darah otak yang mana. Gejala stroke penyempitan atau perdarahan pembuluh otak cabang depan berbeda dengan cabang belakang, tak sama pula bila mengenai cabang tengah, atau cabang otak kecil. Dengan membaca gejala stroke, berarti dapat menetapkan peta lokasi penyempitan atau perdarahan pembuluh darah otaknya.

Adakalanya gejala stroke yang muncul masih sedang berproses dan prosesnya belum selesai. Stroke yang belum komplet perlu terus dipantau agar tidak memburuk. Stroke dalam evolusi (stroke in evolution), sama halnya dengan stroke dalam peralihan (TIA), bisa dijadikan petunjuk, bahwa pembuluh darah otak tengah terancam untuk tersumbat. Berbeda halnya dengan gejala stroke yang sudah komplet, di mana proses penyempitan pembuluh darah sudah selesai, dan gejalanya tak akan bertambah atau berkurang lagi.

Baca Juga Yang satu ini ...
jual spirulina di tegal hub 0815-8480-8480

Penyakit Stroke Tak bisa diramal, pada stroke yang masih dalam prosesĀ  gejala bisa kian memburuk (in evolution), atau bisa juga malah membaik. Ini merupakan peringatan, bahwa orang bakal terancam stroke ulangan bila faktor risiko penyebabnya didiamkan tanpa upaya meniadakannya. Darah tinggi, kencing manis, rokok, gemuk, kurang gerak, perlu segera diamankan, agar proses stroke susulan, atau serangan stroke baru menjadi batal terjadi.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Akibat Kebiasaan Minum Teh sesudah Makan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *