penyakit varises dan penyembuhannya

Tampil cantik pastinya memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Menggunakan high heels pastinya menjadi penunjang tampilan tetap maksimal. Jangan salah, ternyata si high heels ini bisa membuat kamu harus mengurut dada setelah mengenakannya. Pasalnya, beberapa penyakit bisa ditimbulkan oleh penggunaan high heels yang terlalu sering. Salah satunya adalah varises. Penyakit varises sendiri diakibatkan oleh kelainan pada pembuluh balik vena. Gejala penyakit varises ini dapat ditandai dengan timbulnya urat-urat halus di kaki.

 

Pembuluh balik vena berfungsi untuk membawa darah hasil sisa metabolisme kembali ke jantung. Saat terjadi varises, pembuluh balik vena mengalami pelebaran atau pembesaran sehingga mau tidak mau aliran darah pun sedikit terganggu. Hal ini bisa saja terjadi karena kebiasaan kita yang berdiri terlalu lama saat menunggu atau menyilangkan kaki ketika duduk. Meminimalisir situasi tersebut akan membantu Anda mengalami kerusakan pembuluh balik vena akut.

 

Kerusakan pembuluh balik vena ini apabila tidak terdeteksi bisa membahayakan seorang wanita. Pada wanita hamil saja misalnya, mereka harus mengalami pertarungan hidup yang sangat besar. Salah-salah, pembuluh darah akan pecah dan mengakibatkan proses melahirkan sulit dilakukan. Bahkan menjadikan nyawa sebagai taruhan terbesar saat itu. Kebiasaan merokok mengkonsumsi alkohol juga bisa menjadi penyebab penyakit varises sulit disembuhkan.

 

Penyakit varises sendiri memiliki beberapa gejala yang bisa dikenali secara kasat mata oleh para penderitanya, yaitu:

  • Sulitnya menggerakkan kaki dan tungkai kaki yang terasa berat
  • Sering merasakan kram pada malam hari
  • Perasaan pegal maupun sakit pada kaki walaupun pada saat bersantai
  • Timbulnya tonjolan-tonjolan halus dari pembuluh darah di bagian kaki
  • Kesemutan yang kerap melanda

 

Untuk mencegah varises semakin parah, Anda bisa melakukan senam kaki setiap 30 menit sekali saat sedang beraktivitas. Hal ini bisa dilakukan saat Anda sedang duduk untuk menghindari pelebaran pembuluh balik vena. Anda juga bisa meminimalisir rasa sakit yang merupakan gejala penyakit varises. Berkonsultasi dengan dokter tentunya akan memberikan Anda pengobatan yang tepat sehingga varises dapat disembuhkan dan tidak membahayakan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala awal penyakit ginjal dan pencegahannya
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *