Penyebab dan gejala penyakit reproduksi wanita

Sering merasakan nyeri berlebihan saat haid bisa jadi pertanda adanya gangguan pada reproduksi Anda. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Bukan tidak mungkin, kista ataupun kanker rahim sedang mengintai Anda. Kebanyakan wanita memang tidak menyadari akan hal seperti ini, karena mereka menganggap hal tersebut lumrah. Bukan hanya itu, keputihan yang terus-menerus juga harus diwaspadai. Biasanya beberapa hal tersebut bisa dikenali sebagai gejala penyakit reproduksi wanita.

 

Hubungan seksual yang intens dilakukan sebenarnya juga menjadi penyumbang terbesar terjadinya infeksi vagina pada wanita. Hal ini ditandai dengan keputihan yang berlendir dan berbau tidak sedap bahkan disertai oleh rasa gatal. Keputihan semacam ini pastinya bukan tanda yang baik bagi kesehatan organ reproduksi wanita. Tidak hanya keputihan saja, wanita juga bisa mengalami endometriosis yang ditandai dengan sakit pinggang dan nyeri di bawah perut ketika menstruasi.

 

Bila kedua penyakit di atas belum cukup menerangkan, mungkin Anda mengenal AIDS. Penyakit yang satu ini memang dianggap sebagai penyakit paling mematikan. Karena belum ditemukannya obat yang tepat untuk menyembuhkan para penderitanya. Kebanyakan penyebaran penyakit ini oleh hubungan badan yang berganti-ganti pasangan. Menggunakan kondom sebenarnya bisa menjadi alternatif sehingga tidak tertular AIDS. Tanda-tanda yang paling umum ditemukan adalah:

  • Berat badan turun secara drastis
  • Diare berkelanjutan
  • Pembengkakan kelenjar limfe pada leher, paha dan ketiak
  • Demam dan batuk
  • Perdarahan pada mulut, hidung dan anus

 

Hingga saat ini, penderita AIDS harus dikucilkan karena keterasingan masyarakat atas penyakit satu ini. Mereka masih menganggap bahwa penderita AIDS tersebut aib terbesar dalam hidup mereka. Alasan inilah yang dijadikan oleh sebagian keluarga untuk membuang anggota keluarga yang tertular AIDS. Padahal seharusnya mereka memerlukan dampingan yang mencukupi dari para anggota keluarga yang lainnya.

Baca Juga Yang satu ini ...
ciri dan gejala penyakit uretritis pada pria

 

Menjaga kebersihan organ reproduksi sudah wajib dilakukan oleh para wanita bila tidak ingin menderita salah satu penyakit di atas. Bukan hanya kebersihan saja tentunya, berusaha menghindari seks bebas dan konsumsi alkohol maupun rokok menjadi modal utamanya. Menjalani gaya hidup sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh jauh lebih baik. Pastinya hal tersebut menjaga Anda dari timbulnya gejala penyakit reproduksi wanita.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *