penyebab dan Gejala penyakit sumsum tulang belakang

Sering Pegal Linu? Hati-Hati Kanker Tulang!

Tulang merupakan bagian tubuh manusia yang amat penting. Tulang bertugas menopang tubuh manusia sehingga dapat berdiri dan melakukan aktivitas sehari hari. Kekuatan tulang sangat diperlukan agar kelangsungan hidup manusia juga terjaga. Namun tahukan Anda, melakukan pekerjaan sehari-hari yang menguras tenaga ternyata dapat memicu munculnya ganguan pada tulang, khususnya sumsum tulang belakang. Gejala penyakit sumsum tulang belakang biasanya terjadi pada seseorang yang sudah mulai menginjak usia senja. Tapi, siapa sangka orang dengan usia produktif pun bisa terkena gangguan pada tulang tersebut.

Gangguan pada sumsum tulang biasanya ialah adanya peradangan yang diakibatkan adanya infeksi pada tulang oleh bakteri bernama staphylococcus. Bakteri ini terbawa oleh darah dan mengalir lalu menetap di sumsung tulang belakang sehingga dengan mudah sumsum tulang digerogoti. Gejala umum yang sering muncul jika terjadi peradangan sumsum tulang belakang ialah adanya rasa nyeri atau sakit ketika digerakkan, menggigil, hingga demam. Penyakit ini bukanlah penyakit ringan sehingga butuh penanganan dokter secara intensif, karena jika dibiarkan akan berkembang menjadi kanker tulang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan gejala yang kerap timbul pada penderita radang sumsum tulang yang berkembang menjadi kanker tulang.

a.             Sakit

Rasa sakit seperti nyeri atau kerap disebut pegal linu sering muncul pada bagian leher hingga pinggang. Parahnya lagi, rasa sakit yang berlebihan juga dapat menjalar ke bagian tubuh yang lainnya sehingga tubuh terasa sangat tidak nyaman.

b.            Lemah

Radang sumsum tulang belakang mengakibatkan sistem otak dan sistem jaringan tulang belakang juga mengalami gangguan. Pada sistem jaringan tulang belakang, gangguan dipicu oleh adanya inpuls tulang belakang. Akibatnya, badan akan terasa mudah lelah dan lemas ketika melakukan suatu kegiatan, yang lebih parah ialah penderita tidak mampu menggerakkan organ geraknya seperti biasanya.

Baca Juga Yang satu ini ...
penyakit varises dan penyembuhannya

c.             Tidak peka

Tingkat kepekaan seorang penderita radang sumsum tulang biasanya akan menurun seiring dengan semakin parahnya peradangan sumsum tulang belakang yang ia derita. Di bagian sumsum tulang belakang merupakan pusat dari sistem syaraf, dengan adanya peradangan pada sistem tersebut maka penderita akan cenderung mati rasa atau tidak peka terhadap suatu rangsangan, misalnya ketika terkena percikan api atau ketika diminta memegang bongkahan es maka ia tidak akan merasa kepanasan atau kedinginan.

d.            Lumpuh

Gejala penyakit sumsum tulang belakang yang satu ini merupakan gejala yang terparah. Penderita bisa mengalami kelumpuhan ketika radang sumsum tulang belakang berkembang sempurna menjadi kanker tulang. Antisipasi dapat dilakukan dengan pemberian kalsium, namun hal ini sangat bergantung pada seberapa parah radang yang diderita. Semakin parah maka akan cenderung lebih sulit untuk diantisipasi

 

Baca juga artikel ini ya .. gejala kenapa kita ngantuk terus klik disini , baca juga manfaat smart detox untuk mengatasi gejala gejala tersebut

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *