penyebab dan gejala penyakit von Willebrand

Penyakit yang menyerang manusia mempunyai karakteristik yang berbeda – beda. Sebagian dari penyakit tersebut ada yang memang menjadi penyakit yang sangat umum di derita oleh semua manusia. Tetpi ada juga yang hanya beberapa orang yang menderita penyakit tersebut. Dan faktor yang mempengaruhi penyakit tersebut juga bervariasi. Salah satu penyakit yang jarang diderita oleh manusia di dunia ini adalah penyakit von Willebrand. Ini merupakan salah satu penyakit yang sangat jarang terjadi dalam dunia kedokteran. Salah satu hal yang menyebabkan penyakit ini jarang diderita oleh manusia atau diderita oleh sedikit manusia adalah karena penyakit ini merupakan penyakit turunan. Salah satu gejala penyakit von Willebrand yang paling dapat terlihat dan teridentifikasi dengan mudah adalah pendarahan yang cukup lama terjadi ketika seseorang terluka.

Penyakit ini diturunkan dari orang tua kepada keturunannya dengan beberapa dampak yang bisa menjadi serius jika terus dibiarkan yaitu penderita kekurangan komponen tertentu dalam darah. Komponen yang dimaksud adalah komponen von Willebrand. Komponen tersebut berfungsi untuk membantu terjadinya proses penggumpalan darah. Hasilnya, jika komponen von Willebrand ini tidak ada atau jumlahnya kurang, maka darah tidak bisa dengan mudah dan cepat menggumpal kembali. Komponen von Willebrand ini berbentuk zat protein. Dalam kasus yang lain, keberadaan zat von Willebrand ini, atau protein ini, dapat terdeteksi namun zat tersebut kehilangan fungsinya. Akibatnya, lebih jelas lagi, keping darah akan kehilangan kemampuannya untuk saling menempel sehingga menyebabkan pendarahan yang terjadi ketika luka akan susah untuk berhenti.

Gejala penyakit von Willebrand ini berbeda di tiap penderitanya. Beberapa dari mereka akan mengalami gejala yang dapat dideteksi dengan mudah dan terlihat namun ada juga mereka yang tidak merasakan apa – apa ketika menderita penyakit ini. Namun, ada beberapa gejala yang bisa dijadikan sebagai patokan. Gejala seperti seringanya mimisan yang terjadi beberapa lama adalah salah satu gejala umum. Beberapa proses pendaraha yang lain seperti pendarahan pada gusi dan pendarahan ketika bercukur juga bisa dijadikan indikator adanya penyakit von Willebrand. Untuk perempuan, menstruasi yang berkepanjangan juga dapat disebabkan oleh adanya penyakit ini.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit radang tenggorokan pada anak kecil zaman sekarang
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *