Penyebab Fungsi ginjal yang menurun

 

Penyebab Fungsi ginjal yang menurun, Fungsi ginjal yang menurun sampai seperempatnya baru akan memunculkan keluhan dan gejala. Penurunan fungsi yang masih ringan, nyaris tanpa keluhan dan gejala. Maka sering kali terjadi kasus kecolongan, tahu-tahu ginjal sudah rusak.

Mungkin awalnya hanya keluhan lesu, lemah, kurang nafsu makan saja. Mungkin pola berkemih yang semakin sering, atau berubah. Mungkin urin yang berubah warna saja. Mungkin cuma sering mual, dan demam, serta nyeri kepala belaka. Atau keluhan dan gejalanya terselubung atau tertutup oleh penyakit yang mendasari komplikasi ginjal, seperti adanya kencing manis, hipertensi, atau batu kemih.

Apa pun penyebab sehingga fungsi ginjal menurun, jika telanjur merusaknya dan fungsi ginjal terus menurun, ujungnya akan menjadikan gagal ginjal. Kegagalan ginjal sendiri bisa dadakan, biasanya sebab syok (trauma, kecelakaan, perdarahan hebat, dehidrasi), bisa juga gagal ginjal lama.

Penyebab Fungsi ginjal yang menurun

Penyebab Fungsi ginjal yang menurun

Gagal ginjal dadakan biasanya bisa diangkat kembali. Cuci darah hanya perlu beberapa waktu saja, selanjutnya ginjal normal lagi. Lain halnya jika gagal ginjal sudah berat, baik lantaran kerusakan ginjal dibiarkan menahun dan berlarut-larut, atau komplikasi penyakitnya dibiarkan berlanjut terus. Termasuk batu kemih yang lama.

Lingkaran setan batu kemih dan infeksi kemih

Hadirnya batu kemih bisa di bagian mana saja saluran kemih. Mulai dari kandung kemih atau batu buli-buli, sampai tersangkut di saluran penghubung kandung kemih ke ginjal, dan berakhir menjadi batu ginjal sendiri.

Pembentukan batu kemih proses bertahun-tahun. Faktor dasar pembentuk batu kemih ialah zat kapur atau kalsium (calcium). Kalsium bercampur asam urat, atau oxalat (sayur-mayur), membentuk batu kemih. Dengan “analisis batu” akan diketahui apa jenis batu kemihnya.

Baca Juga Yang satu ini ...
Talpulan botol baru klorofil synergy 2014

Pada orang yang asam urat darahnya selalu tinggi untuk waktu lama, berisiko terbentuk batu kemih, sama halnya dengan yang kadar calsium darahnya tinggi, atau kadar oxalat- nya tinggi.

Adanya batu kemih, umumnya batu urat, akan mengikis saluran bagian dalam pipa saluran kemih, sehingga menimbulkan luka. Luka saluran kemih menimbulkan ter-jadinya infeksi. Sementara infeksi sendiri memacu pembentukan batu kemih selanjutnya. Maka antara batu kemih dan infeksi saling memperburuk kedua penyakitnya. Lingkaran setan itu perlu diputuskan. Perlu antibiotika untuk menumpas infeksi saluran kemihnya, selain meniadakan kehadiran batu kemihnya. Obat penghancur batu perlu diminum.

Riwayat kencing berdarah harus dijadikan petunjuk kemungkinan adanya batu kemih, kendati belum merasakan adanya keluhan atau gejala batunya. Jika posisi batu kemihnya bukan di saluran kemih yang vital, biasanya tidak menimbulkan keluhan dan gejala apa pun.

Keluhan dan gejala baru muncul dan terasakan bila batu sudah menyumbat saluran kemih. Maka acap terjadi batu ginjal yang sudah besar pun tidak menimbulkan keluhan dan gejala berarti jika belum menyumbat aliran urin di dalam ginjal. Demikian pula batu kandung kemih. Bisa terjadi batunya sudah sebesar bola bekel, namun tetap belum terasa ada keluhan. Bila kencing yang tidak lampias, tersendat, dan lancar kembali dengan mengubah posisi kencing, kemungkinan ada batu kandung kemih.

Batu yang menyumbat selain menghambat aliran urin, bisa juga menimbulkan kolik. Terasa nyeri hebat di pinggang dan perut, selain di perut bawah atau kemaluan. Batu yang tersangkut di saluran ureter, yang penampangnya hanya beberapa milimeter, menimbulkan serangan kolik. Rasa nyeri hebat pada batang kemaluan pria jika batu yang turun dari ginjal, masuk kandung kemih, lalu keluar ber-sama urin, tersangkut di saluran kemaluan. Bukan jarang batu keluar dengan sendirinya saat kencing.

Baca Juga Yang satu ini ...
Tips Makan Enak Tapi Berat Badan Tidak Naik

Batu ginjal yang dibiarkan lama dan mengganggu fungsi ginjal, yang perlu diperhatikan. Terlebih jika jenis batunya batu urat. Batu urat berupa kristal runcing, sehingga melukai saluran kemih ginjal. Urin berwarna merah tanda ada bagian ginjal yang terluka. Jika dibiarkan, ginjal rusak dan fungsinya akan terus menurun.

Gangguan pada ginjal, apa pun penyebabnya, memunculkan gejala hipertensi. Hipertensi mereda sendirinya setelah gangguan ginjal ditiadakan. Adanya batu ginjal disertai dengan darah tinggi juga. Begitu batunya dibuang, gejala darah tingginya sembuh sendiri.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Gagal ginjal dapat dicegah

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *