Penyebab gangguan Pencernaan Pada Wanita

Jangan anggap remeh gangguan pencernaan. Dibawah ini adalah Penyebab gangguan Pencernaan Pada Wanita . 

Gangguan pencernaan juga mengarah ke penyakit yang lebih serius. Bayangkan jika sedang menghadapi ujian atau wawancara kerja tiba-tiba kita mengalami sering buang air besar Pub, sering buang gas, sering bersendawa. Bisa-bisa wawancara jadi berantakan.
Menurut dokter pemerhati gaya hidup. dr Grace Judio Kahl MSc MH CHt, gejala gangguan pencernaan yang sering dialami terutama wanita urban adalah perut terasa begah, sering buang gas, sering bersendawa, serta BAB tidak teratur. Keluhan sema-cam itu muncul karena penyerapan dalam usus yang kurang baik. Pemicunya adalah gaya hidup tidak sehat dan kurangnya asupan serat dari sayur dan buah.

penyebab pencernaan wanita tidak sehat

penyebab pencernaan wanita tidak sehat

“Gangguan yang muncul sering disepelekan. Padahal. bila dibiarkan akan me-mengaruhi kesehatan saluran pencernaan dalam jangka panjang.” ujar dr Grace saat menjadi pembicara di acara intimate media gathering Buavita Mix Berries di Restoran Mama Goose. Melawai. Jakarta Selatan. Jumat (6/9).
Lalu, mengapa wanita urban lebih sering mengalami? Menurut dr Grace, masalah gangguan pencernaan sebenarnya sama sama dialami oleh kaum pria. Hanya saja wanita lebih peka dan lebih mau berobat ke klinik akan gangguan tersebut.
Kaum pria. kata Grace, juga banyak yang terkena gangguan pencernaan. Tapi lebih menyepelekan. Sementara wanita lebih terganggu jika kena gangguan pencernaan terscbut.

 

Jika sering scndawa atau buang gas. wanita pasti lebih terganggu. Apalagi soal penampilan yang menjadi tidak prima akibat gangguan tersebut.
“Hal-hal itu yang membuat wanita cenderung lebih peduli. Ditambah lagi adanya honnoii Behinggi keluhan menjadi lebih besar.” katanya.
Hal itu juga tercermin data dari Klinik LightHouse pada 80 pasien. menunjukkan kasus konstipasi dan gangguan pencernaan sebesar 31 persen. Dari jumlah tersebut. tiga perempatnya adalah wanita urban (73 persen). Wanita yang dinamis, yang sering dituntut untuk berpenampilan prima di masing-masing kesibukannya.
Angka ini lebih tinggi daripada data Eropa/Oceania yang menunjukkan hanya 20 persen yang mengalami konstipasi dan gangguan pencernaan (Pepppas dan Alexiou. 2008).
Pola hidup tidak sehat penyebab pencernaan pada wanita tak sehat
Banyaknya orang dengan gejala gangguan pencernaan ini terutama pada wanita akibat kesibukan. Sarapan bisa iya bisa tidak. Kalaupun sarapan. bisa jadi makanan yang dimakan seketemunya. Gorengan. atau makanan yang ditemui di penjual dekat rumah atau dekat kantor.
Makan slang Juga terkadang terlambat, bahkan lupa makan sama sekali. Perut keroncongan didiamkan saja dengan alasaan sibuk bekerja. Apalagi memilih makanan berserat. Makan buah di kantor paling rujak, itu pun tidak setiap hari.
“Sibuk adalah pangkal beragam masalah gangguan pencernaan,” kata dr Grace.
Dengan alasan yang sama. yakni sibuk. orang juga jadi malas beraktivltas fisik.
Apalagi olahraga rutin 3-4 kali seminggu. Juga ditambah stres. Pola aktivitas masyarakat sekarang ini menurut dokter dari LightHouse ini minim aktivitas.
Bangun pagi, kadang sarapan kadang tidak, lalu naik mobil berangkat ke tempat kerja lalu duduk seharian. Naik lift, lalu pulang kerja naik mobil lagi. Kalaupun naik kendaraan umum, malas berjalan. Untuk jarak jangka dekat saja naik ojck baru dilanjutkan dengan angkutan umum. Berangkat pukul 06.00 pulang pukul 20.00 atau 21.00. Tidak sempat olahraga.
Begitu juga hari libur. Khusus pada wanita. pola geraknya menggunakan high heels supaya cantik. hawa panas membuat tidak nyaman untuk beraktivitas (takut keringatan). menghindari sinar matahari supaya kulit putih. naik mobil/kendaraan umum untuk mengejar waktu. dan berangkat pagi. Padahal aktivitas lisik dan olahraga sangat diperlukan baik untuk kesehatan umum dan kesehatan pencernaan.
“Jika banyak aktivitas, saraf pencernaan juga akan terangsang untuk bcrgcrak di saluran cema yang memicu kontraksi di saluran cerna. Kontraksi ini Ixrguna agar BAB lancar,” kata dr Grace.
Idealnya, olahraga bisa dilakukan rutin minimal 30 menit (3-4 kail seminggu). Na-mun jika masih sulit melakukan olahraga bisa memperbanyak aktivitas lisik. Dengan memperbanyak berjalan kaki misalnya, lebih memilih naik tangga kctimbang naik lift, dan lainnya.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gambaran Klasik Stroke Komplet

Demikianlah Penyebab gangguan Pencernaan Pada Wanita

sumber warta kota 15 sep 2013

Baca Artikel menarik lainnya : Apa yang disebut pengobatan stem cell

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *