Penyebab Penyakit Kanker Prostat

 

Saya curiga kebanyakan orang bahkan tidak tahu apa sesungguhnya prostat itu, walaupun kanker prostat sering didiskusikan. Prostat adalah organ reproduksi pada laki laki. berukuran kira-kira sebesar kacang kenari, terletak di antara kandung kemih dan colon. Prostat bertanggung jawab memproduksi beberapa jenis cairan yang membantu sperma bergerak menuju sel telur untuk proses pembuahan.

Untuk benda dengan ukuran sekecil itu, prostat dapat menyebabkan banyak masalah. Sebuah laporan baru-baru ini menyatakan, “Kanker prostat adalah salah satu kanker paling umum yang didiagnosis pada laki-laki di Amerika, mewakili sekitar 25% dari seluruh tumor Setengah dari laki-laki berusia 70 tahun ke atas menderita kanker prostat laten, sebuah bentuk kanker yang tersembunyi dan belum menyebabkan ketidaknyamanan. Kanker prostat umum dijumpai dan berkembang sangat lamban. Hanya 7% dari pasien yang didiagnosis kanker prostat meninggal dunia dalam waktu 5 tahun ” Hal ini menyulitkan untuk mengetahui bagaimana dan kapan kanker ini harus dirawat. Pertanyaan utamanya bagi pasien dan dokter adalah akankah kanker ini mengancam keselamatan sebelum pasien meninggal karena sebab yang lain?

Salah satu penanda yang digunakan untuk menentukan apakah kanker prostat akan mengancam jiwa adalah tingkat antigen spesifik prostat dalam darah (prostate specific antigen/PSA). Kaum laki-laki didiagnosis dengan kanker prostat saat tingkat PSA nya melewati 4,0. Namun, tes ini sulit dijadikan alat diagnosis kanker yang pasti, terutama jika tingkat PSA hanya sedikit berada di atas batas. Ambiguitas dari tes ini mengakibatkan sangat sulitnya mengambil sebuah keputusan. Kadang-kadang, beberapa sahabat meminta pendapat saya. Apakah mereka harus mcnialani tindakan operasi kecil atau besar? Apakah tingkat PSA 6,0 merupakan masalah serius atau hanya sebuah peringatan? Jika itu adalah peringatan, apa yang harus mereka lakukan untuk menurunkan angka tersebut? Saya tidak dapat membeberkan kondisi klinis individu, tetapi saya dapat berbicara tentang penelitian. Dan dari penelitian yang lelah saya saksikan, tidak ada keraguan bahwa pola makan memainkan peran penting pada penyakit ini.

Meskipun terdapat perdebatan mengenai pola makan yang spesifik dan penyakit ini, kita akan mulai dengan asumsi yang aman, asumsi yang telah lama diterima oleh komunitas peneliti.

• Tingkat kanker prostat sangat bervariasi di berbagai negara, bahkan lebih bervariasi daripada tingkat kanker payudara.

Tingkat kanker prostat yang tinggi terutama terjadi dalam masyarakat penganut pola makan dan gaya hidup ala “Barat”

• Di negara-negara berkembang, laki-laki yang mengadopsi pola makan “Barat atau pindah ke negara-negara Barat lebih banyak menderita kanker prostat.

Pola penyakit ini serupa dengan penyakit-penyakit kemakmuran lainnya. Ini mengindikasikan bahwa, walaupun kanker prostat sangat pasti memiliki komponen genetis, faktor lingkungan tetap memegang peran dominan. Jadi, faktor lingkungan apa yang sedemikian penting? Secara mengejutkan, hubungan yang paling konsisten antara pola makan dan kanker prostat adalah konsumsi susu.

Telaah penelitian Harvard pada tahun 2001 tidak mungkin lebih meyakinkan lagi…

12 dari 14 penelitian kasus-kontrol dan 7 dari 9 penelitian pendukung telah menemukan asosiasi positif terhadap produk susu dan kanker prostat; ini adalah salah satu prediktor pola makan paling konsisten untuk kanker prostat yang pernah dipublikasikan. Dalam penelitian tersebut, laki-laki yang memiliki tingkat asupan susu paling tinggi memiliki risiko kurang lebih 2 kali lipat untuk kanker prostat secara keseluruhan, dan hingga 4 kali lipat untuk risiko metastatik atau kanker prostat fatal jika dibanding dengan yang sedikit mengonsumsi susu. ”

Mari kita perhatikan lebih saksama. Asupan susu adalah “salah satu prediktor pola makan paling konsisten yang pernah dipublikasikan”, dan mereka yang mengonsumsi banyak susu memiliki peningkatan risiko dua hingga empat kali lipat.

Telaah ilmiah lain atas literatur yang telah dipublikasikan tahun 1998 mendapatkan kesimpulan serupa:

Dalam data ekologi, korelasi terjadi antara konsumsi daging dan susu per kapita dengan tingkat kematian akibat kanker prostat (dikutip dan satu penelitian). Dalam penelitian kasus-kontrol dan prospektif, kontributor utama untuk protein hewani, yaitu daging, produk susu, dan telur, sering diasosiasikan dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi … (dikutip dari 23 penelitian). Tercatat banyak penelitian telah menemukan asosiasi tersebut terutama pada manula (dikutip dari 6 penelitian), walaupun bukan seluruhnya (dikutip dari satu penelitian)…. Asosiasi yang konsisten terhadap produk susu mungkin berasal dan, paling tidak memiliki kontribusi, kandungan kalsium dan fosfor dalam produk susu.

Dengan kata lain, terdapat begitu banyak bukti nyata bahwa makanan berbasis hewani memiliki asosiasi dengan kanker prostat. Untuk kasus susu. asupan kalsium dan fosfor dalam iumlah tinggi juga dapat memengaruhi efek ini.

KESIMPULAN
Penyebab Kanker Prostat, terdapat begitu banyak bukti nyata bahwa makanan berbasis hewani memiliki asosiasi dengan kanker prostat.

SUMBER                                         : RAHASIA SEHAT ORANG CHINA
LIHAT ARTIKEL LAINNYA        : LEMAK TRANS ADALAH

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *