Penyebab peradangan sendi

PERADANGAN SENDI

Peradangan sendi atau bahasa kedokterannya osteoartritis, terjadi bila tulang rawan yang melapisi ujung tulang pembentuk sendi mengalami kerusakan dan penipisan sehingga ujung tulang-tulang pembentuk sendi bergesekan secara langsung dan menimbulkan nyeri. Kondisi ini antara lain disebabkan karena aktivitas fisik yang berlebihan atau kelebihan berat badan/kegemukan. Sendi-sendi yang paling sering terkena peradangan yaitu sendi yang berfungsi menahan beban tubuh, seperti persendian pada ruas-ruas tulang belakang, pinggul, dan lutut. Umumnya kelainan ini dialami oleh mereka yang telah berusia lanjut. namun tidak selalu menimbulkan gejala.

Gejala-gejala

> Rasa nyeri pada persendian, yang biasanya bertambah parah jika individu melakukan aktivitas tertentu, misalnya jogging.

> Pembengkakan pada bagian sendi yang terkena, dan kadang-kadang disertai peradangan.

> Sendi-sendi berderit dan kaku sehingga menghambat penderita dalam melakukan gerakan/aktivitas, dan adakalanya hingga mengganggu kenyamanan dan kenyenyakan tidur. Otot-otot di sekitar sendi yang terkena lama-kelamaan menjadi lemah karena semakin jarang digunakan akibat nyeri.

> Kelainan bentuk persendian.

Penyebab

> Kerusakan jaringan tulang rawan yang melapisi ujung tulang pembentuk sendi akibat aktivitas fisik yang berlebihan yang dilakukan dalam waktu lama atau karena penyakit lainnya atau cedera.

Apa yang dapat Anda lakukan

> Konsultasi ke dokter untuk mengetahui jenis penyakit radang sendi yang Anda alami.

> Istirahatkan sendi yang nyeri hingga rasa nyeri mereda. Tindakan ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan sendi lebih lanjut.

> Untuk meredakan nyeri atau kekakuan pada sendi, berikan kompres hangat pada sendi yang sakit selama kurang lebih 15 menit sebanyak satu atau dua kali sehari dengan menggunakan botol berisi air panas, handuk hangat, atau lampu infrared khusus.

> Jika rasa nyeri bersifat berat/parah, berikan kompres dingin (dengan es batu yang dibalut handuk).

> Bila perlu, gunakan obat pereda nyeri.

> Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan: kurangi berat badan guna mengurangi beban terhadap sendi-sendi yang sakit.

> Berolahraga secara rutin/teratur.

 

KESIMPULAN                                                                                           
Penyebab peradangan sendi terjadi bila tulang rawan yang melapisi ujung tulang pembentuk sendi mengalami kerusakan dan penipisan sehingga ujung tulang-tulang pembentuk sendi bergesekan secara langsung dan menimbulkan nyeri

Penyebab peradangan sendi

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Manfaat mineral bagi tubuh

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *