Penyebab Sesak napas karena jantung

 

Penyebab Sesak napas karena jantung. Sesak napas juga bisa muncul bila jantung menurun fungsi pemompaannya. Fungsi pompa jantung menurun sering sebab sudah terjadi payah jantung. Kasus jantung membengkak, membuat daya pemompaan jantung tidak efisien memompa darah. Makin membengkak jantung, makin berat sesak napasnya.

Jantung membengkak bila bertahun-tahun tekanan darah tinggi dibiarkan tanpa upaya menjinakkannya. Tekanan darah yang terus-menerus di atas normal akan membebani jantung. Jantung bekerja lebih berat dari normal. Bertahun-tahun jantung lebih keras memompa yang kemudian menjadikan jantung membengkak.

Penyebab Sesak napas karena jantung

Penyebab Sesak napas karena jantung

Pembengkakan jantung berarti daya pompanya tidak bisa optimal. Namun sampai pada pembengkakan maksimal, daya pompa jantung sudah tak terkompensasi lagi untuk bisa memenuhi kecukupan darah tubuh. Pada saat sudah tak mampu lagi itulah lalu terjadi decompensasi jantung. Jantung sudah tak berdaya dan perlu dibantu. Gejalanya sesak napas berat.

Tentu saja pembengkakan atau menjadi lebih besarnya jantung berproses mulai dari yang paling ringan sampai yang peling berat. Proses itu berlangsung bertahun-tahun.

Gejala awalnya, kalau berjalan agak jauh sudah sesak napas. Bila jantung tambah bengkak, berjalan tak jauh pun sudah sesak napas. Saat jantung sudah sangat membengkak, sedang duduk saja pun sudah sesak napas.

Makin membengkak jantung, makin sukar untuk dipulihkan. Otot jantung perlu dibantu oleh obat agar kuat memompa. Ibarat karet gelang yang sudah melar kelewat panjang, setelah kembali karet tidak bisa sepanjang normalnya lagi. Itu maka pembengkakan jantung mesti di-hentikan sebelum otot jantung sudah melar maksimal. Caranya darah tingginya dikontrol, dan diberi obat penguat otot jantung.

Sesak napas jantung berbeda dengan sesak napas asma. Sesak terasa saat menghela napas dan bukan saat mengeluarkan napas seperti pada asma. Bahkan perlu posisi duduk agar napas terasa lebih enteng. Sedang sesak asma juga lebih enteng bila duduk mendekap bantal atau merangkul sandaran kursi.

Baca Juga Yang satu ini ...
Testimoni Dokter Hartoyo tentang Smart Detox

Serangan jantung koroner juga bisa sesak napas. Sesak napas terjadi lantaran otot jantung mengalami kerusakan akibat kurang pasokan oksigen oleh pembuluh koroner yang tersumbat. Bedanya dengan jantung membengkak, pada penyakit koroner lebih bersifat serangan. Sedang pada jantung membengkak, keluhan sesak napas sudah dimulai sejak awal.

Pada serangan jantung koroner, selain sesak napas, diawali dengan nyeri dada yang khas. Nyeri seperti tertindih beban berat pada dada sisi kiri. Nyeri menjalar ke leher, lengan kiri, pundak, dan punggung. Saat sesak napas, mungkin juga sampai muntah-muntah.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Penyakit Asma turunan tidak bisa sembuh

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *