Penyebab Stres Dan gangguan Cemas

STRES DAN GANGGUAN CEMAS

Stres adalah reaksi tubuh terhadap suatu keadaan yang sulit atau mengancam. Dalam keadaan stres, tubuh menghasilkan hormon adrenalin, yang menyiapkan Anda untuk ‘melawan’ atau ‘menghindar’ dari situasi yang sulit atau mengancam tersebut. Stres memang diperlukan dalam kehidupan karena kadang stres memberikan motivasi untuk hidup bahagia bahkan untuk bertahan hidup. Tetapi jika ‘kadar’ stres terlalu besar, hal ini dapat membuat kita kehilangan kemampuan untuk menghadapinya secara efektif.

Kecemasan adalah suatu kondisi fisik dan mental yang berkaitan dengan rasa khawatir, tegang dan gugup. Setiap orang mengalami masa-masa yang mencemaskan. Kecemasan dapat membantu kita mengatasi bahaya eksternal dengan meningkatkan kesiagaan dan mempersiapkan reaksi tubuh untuk menghadapinya.

Jika kecemasan menjadi berlebihan dan mengganggu kehidupan sehari-hari, maka kondisi tersebut tidak lagi dianggap normal tetapi suatu penyakit yang dinamakan “gangguan cemas”. Gangguan cemas, misalnya fobia sosial, fobia tertentu, penyakit stres pasca trauma dan penyakit obsesif-kompulsif, biasanya mulai muncul pada akhir masa remaja atau awal usia 20 tahun. Serangan panik adalah serangan kecemasan hebat dan singkat yang disertai rasa takut dan reaksi fisik, seperti jantung berdegup kencang, berkeringat. Gangguan cemas menyeluruh adalah suatu keadaan yang tidak selalu diakibatkan langsung oleh rasa takut yang tidak wajar (irasional) terhadap kondisi tertentu.

Gangguan cemas adalah penyakit menahun yang jika tidak diobati akan berkembang menjadi semakin buruk. Untuk mengatasinya, saat ini sudah tersedia pengobatan yang efektif.

Gejala

Gejala gangguan cemas bisa timbul secara perlahan atau tiba-tiba, dan hanya berlangsung selama beberapa menit.

Gejala utama

> Kecemasan yang tak terkendali

> Khawatir

Gejala lain

> Untuk serangan panik : nyeri atau rasa tidak nyaman di dada, denyut jantung cepat, sesak napas, berkeringat, mengigil atau hot flushes, gemetar, merasa tercekik, mual atau nyeri perut, mati rasa atau kesemutan

> Otot tegang

> Lelah

> Mudah tersinggung atau gelisah

> Insomnia atau gangguan tidur

> Sulit berkonsentrasi

Penyebab

Eksternal

> Pindah rumah

> Ganti pekerjaan

> Kematian anggota keluarga

> Perceraian

> Tekanan sehari-hari misalnya masalah keuangan, tenggat waktu, beradu pendapat, masalah keluarga, kurang tidur

Internal

> Nilai dan keyakinan

> Kepercayaan

> Tujuan

> Imej diri

Komplikasi

> Insomnia

> Nyeri kepala

> Nyeri punggung

> Sembelit atau diare

> Pemakaian alkohol, tembakau, obat

> Tekanan darah tinggi

> Penyakit jantung

> Penyakit kecemasan atau depresi.

 

KESIMPULAN
Penyebab Stres Dan gangguan Cemas adalah reaksi tubuh terhadap suatu keadaan yang sulit atau mengancam. Dalam keadaan stres, tubuh menghasilkan hormon adrenalin, yang menyiapkan Anda untuk ‘melawan’ atau ‘menghindar’ dari situasi yang sulit atau mengancam tersebut

Penyebab Stres Dan gangguan Cemas 28. Stres Dan gangguan Cemas

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Jenis – Jenis Vitamin

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *