Perlunya Pendidikan tentang Pola Makan Sehat

 

Perlunya Pendidikan tentang Pola Makan Sehat  dengan gizi seimbang adalah pendidikan. Nilai penting pendidikan ini ialah mengubah paradigma dan budaya makan yang semula tidak sehat menuju pola dan budaya makan yang sehat.

Untuk memenuhi derajat kesehatan yang optimal itu, menurut Ali Khomsan, pendidikan merupakan syarat yang harus dipenuhi. Pendidikan sebagai suatu investasi dengan rentetan akibat yang luar biasa. Seseorang dengan pendidikan tinggi memiliki peluang dan kesempatan yang Iebih besar untuk hidup sehat. Bahkan, ia juga berkesempatan untuk hidup dalam lingkungan yang baik dan sehat.

Lebih dari itu, perlu dipahami, pendidikan merupakan medium pembentukan karakter. Dan, gaya hidup yang sehat sangat terbentuk oleh karakter seseorang. Maka, pendidikan dalam konteks pola makan ini sebenarnya bukan sekadar menciptakan peluang hidup sehat, melainkan membentuk karakter pola makan yang sehat bagi seseorang.

Perlunya Pendidikan tentang Pola Makan Sehat

Perlunya Pendidikan tentang Pola Makan Sehat

Oleh karena itu, pendidikan dalam konteks pembentukan karakter ini bukan hanya terfokus pada pendidikan formal, melainkan pendidikan kultural dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dalam konteks kehidupan sehari-hari, pendidikan pola makan sehat tersebut harus dimulai dari kesadaran individu dan keluarga. Setiap individu dan keluarga harus mempunyai kesadaran edukatif untuk mengubah sekaligus memperbaiki kebiasaan dan budaya pola makan menuju pola makan yang sehat.

Pendidikan pola makan dalam konteks individu dan keluarga diorientasikan pada perubahan gaya hidup masyarakat. Gaya hidup mereka yang instan dan kurang sehat, seperti suka makan kekenyangan, sering makan junk food, suka ngemil, dan sering jajan di sembarang tempat harus diubah melalui pendidikan diri dan keluarga.

Jadi, tidak mungkin suatu masyarakat menjadi sehat bila mereka tidak memiliki iktikad baik untuk membentuk dan mempraktikkan pola makan yang sehat. Hal ini melibatkan peran orang tua terhadap anak. Sebab, anak sering kali makan sembarangan dan tidak terkontrol. Setelah makan itu, ia merasa kenyang karena padatnya kalori yang masuk ke tubuhnya, tetapi kandungan gizi, seperti protein, vitamin, dan mineral, masih sangat kurang.

Baca Juga Yang satu ini ...
8 Cara Tepat Berhadapan dengan Musuh Anda ang efektif

Di tengah kesibukan orang tua yang padat, sering kali pola makan anak tidak terjaga dan tidak terkontrol kesehatannya. Mereka hanya memberi uang kepadanya tanpa mengetahui jenis makanan yang dibeli dengan uang tersebut. Akhirnya, apa pun yang dilihat dan disukai olehnya dibeli dan dikonsumsi. Ini bukanlah pola dan budaya makan yang sehat dan akan merusak masa depannya.

Entah disadari atau tidak, budaya makan tidak sehat ini sebenarnya sering kali ditanamkan sejak kecil. Maka, tidak heran jika orang-orang pada masa sekarang yang masih muda sudah terserang banyak penyakit, bahkan penyakit yang ganas.

Saat ini, stroke, jantung, darah tinggi, dan sederet penyakit ganas lainnya tidak lagi menjadi penyakit orang tua, tetapi sudah sering menyerang anak muda yang usianya masih tergolong produktif. Dan, rata-rata penyakit tersebut sulit disembuhkan secara total. Sebagai contoh, diabetes mellitus dan asam urat tidak bisa sembuh total. Namun, dangan pengaturan pola makan yang baik, perkembangan penyakit tersebut dapat dihambat agar tak bertambah parah.

Sebagaimana yang dilaporkan olch Asia Week (21 Agustus 1998), ternyata seratus tahun yang lalu, tidak pernah ditemukan penyakit janrung. Kasus penyakit jantung pertama kali ditemukan pada tahun 1910. Namun, sekarang, dua per tiga penduduk Amerika Serikat sudah menderita berbagai jenis penyakit jantung. Bahkan, di Thailand dan Malaysia, penyakit jantung sudah menjadi pembunuh nomor satu, sedangkan di Indonesia dan Singapura menjadi pembunuh nomor dua.

Nah, apa sebenarnya yang sangat berpengaruh terhadap maraknya penyakit ganas tersebut? Jawabannya adalah pola makan. Oleh karena itu, semua orang berkewajiban menjaga pola makan dengan baik.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Biasakan makan dengan gizi seimbang

Baca Juga Yang satu ini ...
Tips Merayu Anak agar mau ke dokter gigi

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *