Pilek tak kunjung sembuh

PILEK

Pilek umumnya disebabkan oleh infeksi virus, sehingga tidak dapat diatasi dengan antibiotik (karena antibiotik hanya efektif untuk mengobati infeksi bakteri). Pilek biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 7-14 hari.

Gejala

Gejala akan memburuk selama 3-5 hari pertama dan membaik secara perlahan. Gejalanya meliputi:

> Rasa nyeri atau gatal pada tenggorokan, suara serak, batuk, hidung mampet atau pilek, mata berair, nyeri ringan berlangsung kurang dari 7 hari

> demam berlangsung kurang dari 3 hari

> batuk terus menerus, sulit menelan

> sumbatan hidung, cairan berwarna, sakit kepala

> napsu makan berkurang.

Penyebab

Cara termudah penularan pilek yaitu melalui: berjabatan tangan, dekat dengan orang yang bersin, menyentuh benda yang dipegang/disentuh penderita pilek.

CATATAN
Perawatan Bagi Anak

• obat yang dijual bebas tidak dianjtrfkan untuk diberikan kepada anak tanpa resep dokter.

• minta anak minum yang banyak dan perlu tetap aktif jika mereka tidak merasa lelah. Jangan obati gejala pilek dengan produk yang mengandung aspirin

• jika anak memiliki gejala pilek yang mengganggu dan demam yang berlangsung lebih dan 72 jam, hubungi dokter Anda. Penting bagi Anda untuk selalu mengukur suhu tubuh pada demam akibat pilek. Anak dikatakan demam jika suhu tubuhnya >38c C (yang diukur melalui anus) atau 37,5° C atau lebih (yang diukur melalui mulut).

Apa yang dapat Anda lakukan

> Gunakan obat tetes hidung atau semprot hidung yang dijual bebas untuk meredakan gejala pilek. Ikuti dosis dan peringatan yang dianjurkan, dan baca semua kemungkinan efek samping yang mungkin timbul. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit arteri koroner, penyakit tiroid, atau sedang hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena beberapa obat pilek tertentu mengandung bahan aktif yang dapat meningkatkan tekanan darah atau kadar gula darah, atau mengganggu kesehatan janin.

> Coba obat semprot atau obat tetes hidung yang mengandung salin

> Mandi dengan air hangat.

> Keluarkan cairan dari hidung dengan teratur, menutupsalah satu lubang hidung dapat mendorong cairan ke dalam sinus dan telinga bagian tengah dan menginfeksi bagian tersebut. Buang tisj segera guna mencegah penularan.

> Minum lebih banyak cairan untuk mencegah dehidarsidan mengencerkan mukus. Cairan hangat seperti sup ayam, sangat terkenal untuk mengatasi tenggorlan yang teriritasi.

> Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dengan menggunakan bantal agar sumbatan pada hidung lebih iringan.

> Tidak merokok.

> Jika gejala menetap selama lebih dari 10 hari, atau timbul komplikasi, hubungi dokter.

Tips pencegahan

> Cuci tangan dengan air dan sabun selama 15-30 detik untuk mencegah infeksi, atau mencegah tidak menulari orang lain.

> Jaga tangan Anda agar tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut. Jika virus pilek berada di tangan, Anda bisa menginfeksi diri sendiri setelah memegang benda, misalnya pegangan pintu, telepon, atau mainan.

> Jaga jarak dari orang-orang yang sedang mengalami batuk atau pilek.

> Batasi waktu berada di ruang yang sama dengan orang yang terkena pilek.

> Hindari paparan virus. Jika Anda sakit, tetap di rumah dan beristirahat.

> Jangan berbagi benda-benda pribadi dengan orang lain terutama yang terkena infeksi virus, misalnya handuk, alat makan, cangkir, gelas, sedotan, alat cukur, dan sakit gigi.

> Jaga kondisi tubuh dengan makanan sehat, banyak istirahat dan olahraga teratur.

 

 

KESIMPULAN
Pilek tak kunjung sembuh oleh infeksi virus, sehingga tidak dapat diatasi dengan antibiotik (karena antibiotik hanya efektif untuk mengobati infeksi bakteri). Pilek biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 7-14 hari.

Pilek tak kunjung sembuh

Pilek tak kunjung sembuh

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Olahraga mengurangi kolesterol

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *