Pintar Dalam Olahraga

Pintar Dalam Olahraga

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, terutama untuk membakar kalori. Kalori yang dibakar pada saat berolahraga tergantung dari beberapa faktor, seperti berat badan dan intensitas, misalnya berlari sejauh 1 km dengan waktu 10 menit atau dengan kecepatan 5 km/jam. Berat badan dan intensitas olahraga tiap orang pastilah berbeda. Berikut ini adalah beberapa olahraga dan perkiraan jumlah kalori yang dibakar, dengan asumsi berat 55 kg sampai 90 kg, dengan faktor yang lainnya normal atau dianggap sama:

Renang

Bermain air saat hujan adalah kenangan masa kecil yang tidak terlupakan. Untuk Anda yang suka dunia air, berenang merupakan pilihan tersendiri. Berenang merupakan salah satu olahraga yang membuat seluruh bagian tubuh kita bergerak. Bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa berenang sangat baik bagi seorang penderita

asma ataupun alergi. Jumlah kalori yang dibakar pada saat berenang tergantung pada satu faktor tambahan, yaitu gaya yang dilakukan. Menurut beberapa penelitian, gaya kupu-kupu merupakan gaya yang paling banyak membakar kalori. Gaya dada merupakan gaya dapat dengan mudah dilakukan oleh kebanyakan perenang yang bukan atlit. Dengan gaya dada, kalori yang dibakar diperkirakan 600 sampai 950 kalori per jam.

Bersepeda

Kalau Anda suka bermain dan berolahraga, memandang alam dan membakar kalori bersamaan, bersepeda merupakan olahraga favorit yang ringan dan santai. Olahraga ini bahkan bisa dilakukan oleh para manula, tentu saja tergantung medanyangditempuh dan kecepatannya. Seorang pembalap dengan kecepatan 30 km/jam membakar antara 900 sampai 1.500 kalori per jam. Bersepeda santai dengan kecepatan di bawah 15 km/jam dapat membakar 200 sampai 400 kalori.

Basket

Kalau Anda berusia 16-30 tahun dan suka pada hal yang fokus, basket bisa jadi pilihan yang membanggakan. Bermain bola basket dapat membakar 350 sampai 550 kalori dalam satu jam, dengan asumsi jenis permainan biasa, bukan pertandingan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara menghilangkan racun rokok dalam tubuh

Lari

Lari merupakan induk dari semua olahraga dan bisa dilakukan oleh semua umur. Berlari membakar sekitar 600 sampai 950 kalori setiap jam (asumsi kecepatan 9,5 km/jam). Berlari juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jangan lupa lakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum Anda memulai lari dengan kecepatan yang stabil.

Mendayung

Kalau Anda berumur 18-30 tahun, terutama Anda yang hendak menguji adrenalin, mendayung bisa jadi pilihan Anda. Olahraga mendayung dapat membakar rata-rata 400 sampai 650 kalori dalam satu jam. Mendayung kayak ataupun kano akan membakar kalori lebih sedikit dibandingkan olahraga mendayung.

Tenis

Kalau Anda berumur 20-40 tahun, olahraga ini merupakan tantangan tersendiri. Olahraga tenis dapat membakar sekitar 400 sampai 600 kalori per satu jam. Tenis menggerakkan tubuh bagian atas dan bagian bawah dengan gerakan memukul dan berlari, serta beberapa variasi dari keduanya. Karena itu, lakukanlah peregangan sebelum melakukan olahraga ini.

Ice Skating

Kalau Anda masih berumur 15-30 tahun, olahraga ice skating bisa menjadi alternatif. Lakukanlah bersama-sama dengan teman-teman sehingga Anda bisa membakar kalori plus menghilangkan stres. Bermain ice skating selama satu jam dengan kecepan rata-rata dapat membakar sekitar 300 sampai 500 kalori.

Semakin sibuk, semakin olahraga. Mau sehat tanpa repot? Olahraga dong…

 

Kesimpulan
Anda harus Pintar Memilih Olahraga, karna Pemilihan tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh Anda.

Pintar Dalam Olahraga

Pintar Dalam Olahraga

Sumber : SEHAT ITU PILIHAN
Artikel Lainnya : Obat sakit pinggang dan nyeri otot

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *