Pola Makan Pintar

Pintar Makan Makanan Pada Jam yang Disarankan

7.00 : Bangun… Ayo bangun! (Disarankan bangun antara jam 5.00-7.00)

7.15 : Minum segelas air putih, bila perlu tambahkan perasan jeruk lemon. Memberi asupan air pada tubuh saat baru bangun tidur bisa mencegah dehidrasi yang bisa mengarah pada gejala sakit kepala.

7.45 : Minum susu tinggi kalsium rendah lemak.

8.30 : Sarapan kaya protein. Protein membantu agar kadar gula dalam darah tetap konsisten, jadi Anda takkan mengalami capai berlebihan selama seharian. Roti selai kacang atau roti keju ditambah dua telur untuk dewasa atau satu telur untuk anak-anak atau manula adalah sarapan yang tepat.

10.15 : Saatnya snack. Yang dianjurkan adalah kacang-kacangan yang kaya akan magnesium, yang dipercaya mampu mendongkrak energi. Atau Anda bisa menggantinya dengan buah dan yoghurt.

10.45 : Minum air mineral. Jika Anda kurang suka minum, maka coba makan buah yang mengandung banyak air seperti semangka.

12.30 : Makan siang. Lunch bersama teman di restoran misalnya, bisa membuat Anda makan berlebih. Hal ini bisa membabat habis cadangan energi untuk beberapa jam mendatang. Semakin banyak makanan yang Anda konsumsi, semakin keras usaha tubuh untuk mencernanya. Jika ingin tetap bugar, makanlah secukupnya. Menunya bisa sandwich, 1 porsi nasi untuk pria atau V2 porsi bagi wanita dengan sayur dan Iauk yang tidak berlebihan.

14.45 : Snack. Ayo konsumsi Omega 3 yang bisa membantu me-ningkatkan daya kerja otak. Caranya, minum yoghurt. Waktu ini juga merupakan momen terbaik untuk me-nyesap es teh hijau yang bisa membantu melancarkan metabolisme dan memberikan Anda sedikit dongkrakan (kopi tidak disarankan). Teh hijau kaya antioksidan dan mengandung lebih sedikit kafein daripada secangkir kopi, jadi takkan merusak pola tidur di malam harinya.

16.00 : Kebanyakan orang mengalami penurunan produksi hor-mon serotonin antara pukul 3 dan 5 sore. Jadi Anda harus membantu tubuh meningkatkan hormon kebahagiaan ini dengan mengonsumsi 3 sdm es krim atau 3 potong kecil cokelat (disarankan dark chocolate).

19.30 : Disarankan pukul 18.00-19.30. Selesaikan makan malam setidaknya 2,5 jam sebelum waktu tidur. Jika tidak, proses cerna dalam tubuh akan mengganggu kenyenyakan tidur. Pilih menu ringan yang mengenyangkan, kaya akan protein, sayur, dan karbohidrat kompleks, seperti salmon (bisa diganti ikan Iain), brokoli, nasi merah, kacang-ka-cangan, selada, keju, tomat, atau ayam panggang atau goreng ukuran kecil.

22.00 : Meneguk teh herbal, terutama yang mengandung chamomile, bisa membantu Anda cepat terlelap. Teh peppermint bisa membantu proses pencernaan, dan susu tinggi kal-sium rendah lemak yang mengandung tryptophan bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

22.30 Selamat tidur. Mimpi indah, ya!

Kesimpulan
Anda Harus Pintar Mengatur Pola Makan Sesuai Jamnya, Jangan Anda mengkonsumsi secara berlebihan.

Pola Makan Pintar

Pola Makan Pintar

Sumber : SEHAT ITU PILIHAN
Artikel Lainnya : Radang paru-paru (Pneumonia)

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *