Pola Makan Tanpa Konsentrasi

 

Kesalahan pola makan yang sering dilakukan adalah makan tanpa konsentrasi. Boleh jadi, Anda sering kali makan sambil mengetik, menelepon, menonton televisi, berjalan, dan lain sebagainya. Ini merupakan pola makan yang salah. Sebab, selain tidak bisa menikmati makanan yang dikonsumsi, Anda pun tanpa sadar mengonsumsi banyak makanan. Secara tiba-tiba, perut Anda terasa penuh oleh makanan. Hal ini dikarenakan kesadaran Anda bukan tertuju pada makanan yang dikonsumsi, melainkan aktivitas lainnya.

Kondisi tersebut memang merupakan fenomena masyarakat modern yang banyak beraktivitas atau sibuk. Menumpuknya pekerjaan sering kali membuat Anda tak bisa beristirahat sejenak untuk makan siang. Akhirnya, Anda terpaksa makan siang di depan komputer atau sambil bekerja. Padahal, ini merupakan sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Sebab, hal itu bisa memicu obesitas dan aneka penyakit.

Pola Makan Tanpa Konsentrasi

Pola Makan Tanpa Konsentrasi

Demikian halnya saat Anda merasa bingung, jengkel, dan frustrasi, yang membuat Anda melam-piaskan semuanya itu dengan cara banyak makan. Makan dalam konteks ini bukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh, melainkan mengumbar emosi. Itu merupakan sesuatu yang tidak sehat dan tidak baik. Sebab, makan semacam ini hanya menjadi ajang hura-hura yang mengganggu kondisi kesehatan Anda, baik kesehatan fisik maupun psikis.

Selain itu, kesibukan yang dihadapi oleh para pekerja kantor atau buruh pabrik juga menjadikan mereka hanya duduk di depan komputer atau fokus pada pekerjaan atau menonton film dan bermain game ketika menghadapi stres yang berat. Pemikiran serba instan dan tak menentu ini menyebabkan mereka tergiur dan melirik ke makanan fast food atau junk food untuk dikonsumsi. Akibatnya, kondisi tersebut memicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif pada usia muda, yang sangat merugikan bagi generasi pencrus bangsa.

Maka, dapat dipahami bahwa makan yang sehat sebcnarnya juga harus didukung oleh kondisi pikiran dan jiwa yang sehat pula. Kefokusan dan ketenangan dalam makan merupakan faktor penentu bagi Anda untuk mcmbuat diri sendiri bisa makan secara sehat.

Efek negatif lainnya ketika Anda tidak berkonsentrasi dalam makan adalah Anda tidak bisa mengunyah makanan dengan selembut mungkin. Saat Anda makan dalam kondisi bingung dan diliputi oleh frustrasi, maka Anda tidak mengunyah makanan terlebih dahulu, melainkan langsung menelannya. Hal tersebut akan membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Bahkan, terkadang, saking tidak kuatnya Anda mengontrol emosi atau terlalu tergesa-gesa, Anda menjadi tersedak.

Pastikan Anda dalam keadaan yang santai saat makan. Dengan begitu, tubuh bisa fokus untuk mengarahkan energi menuju proses pencernaan makanan. Sehingga, enzim pencernaan juga akan bekerja dalam kondisi menyenangkan. Nah, agar proses pencernaan berjalan dengan baik, sisihkan waktu setidaknya 7-10 menit untuk makan dalam suasana rileks dan tidak depresi.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Detoks dengan menggunakan metode jus

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *