Prinsip-prinsip Naturopati

 

Prinsip-prinsip pengobatan yang dianut Hippocrates itulah yang kemudian menjadi landasan utama metode naturopati :

• Alam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Manusia adalah bagian dari alam, maka tubuh manusia pun memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

• Pertama temukan sumber masalah, haru kemudian ambil tindakan untuk mengatasinya. Pada kenyataannya, selalu ada penyebab utama yang memicu timbulnya masalah kesehatan— baik tisik maupun emosional.

• Hindari perawatan atau pengobatan yang berisik»» menyakiti tubuh atau menimbulkan masalah lain pada tubuh.

• Memandang pasien sebagai satu kesatuan. Dengan kata lain, dokter naturopati harus memahami kondisi pasien secara menyeluruh ketika hendak memberikan perawatan, bukan berfokus pada masalah yang kasat mata saja.

• Dokter naturopati bertindak sebagai partner sekaligus pemandu. Tugas utamanya yaitu membimbing pasien agar dapat memahami dirinya secara mendalam dan bersedia bertanggung jawab menjaga kesehatannya sendiri.

• Mencegah lebih baik ketimbang mengobati. Dokter naturopati akan menganjurkan pasiennya untuk melakukan detoksifikasi guna menghilangkan racun dari dalam tubuh, sebagai upaya pencegahan penyakit. Tak hanya itu. dokter naturopati juga akan memberikan perhatian khusus terhadap gaya hidup pasien agar tidak bertentangan dengan prinsip sehat seimbang.

Menurut American Association of  Naturopathic Physicians, secara garis besar dokter naturopati bekerja sesuai dengan kaidah-kaidah berikut:

• Pencegahan

Pemahaman ‘mencegah lebih baik ketimbang mengobati’ disosialisasikan terus-menerus kepada masyarakat. Cara terbaik untuk mewujudkan itu yaitu dengan mengajak masyarakat agar bersedia menerapkan gaya hidup yang mendukung terciptanya tubuh yang sehat optimal.

• Diagnosis

Proses diagnosa dan evaluasi kondisi pasien secara menyeluruh dilakukan dengan menggunakan metode kedokteran tradisional maupun modern yang terintegrasi. Termasuk di dalamnya yaitu pelaksanaan tes di laboratorium klinis.

• Pengobatan dan perawatan

Metode dan ‘obat’ yang digunakan haruslah sejalan dengan tujuan membangkitkan kemampuan tubuh untuk memulihkan kesehatannya sendiri. Teknik pengobatan yang digunakan yaitu terapi gizi makanan, penggunaan functional medicine, colon hydrotherapy. psikoterapi, homeopati, serta akupunktur. Upaya penyembuhan suatu penyakit tidak melibatkan konsumsi obat secara berlebihan atau menjalani perawatan medis yang ekstrem.

KESIMPULAN
Prinsip-prinsip Naturopati bisa Anda temukan diartikel ini diatas.

SUMBER                                        :           THE DETOX LIFESTYLE  “Natural Ways To Be Healthy”
LIHAT ARTIKEL LAINNYA  : Pedoman Gaya Hidup Dalam Mempraktikkan Detoks

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *