Puasa sebagai Metode Detoks

 

Puasa merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meluruhkan racun-racun di dalam tubuh. Bahkan, di antara berbagai metode detoks yang ada, puasa sebagai metode detoks yang paling tua dalam sejarah sekaligus metode yang dianggap paling aman.

Puasa sebagaimana yang dilakukan oleh umat Muslim, yaitu tidak makan dan minum apa pun sejak terbit fajar (sebelum Subuh) hingga terbenam matahari (Magrib) selama satu bulan penuh (bulan Ramadhan) sebetulnya adalah proses pembuangan racun yang sangat baik bagi kesehatan. Puasa total (tidak makan dan minum apa pun) membuat kalori yang masuk adalah benar-benar nol.

Puasa sebagai Metode Detoks

Puasa sebagai Metode Detoks

Dalam kondisi ini sampah-sampah dari tubuh akan dikeluarkan dengan sangat banyak melalui napas, lidah, air seni, dan kulit. Sampah-sampah yang tersimpan dalam jaringan lemak, sel-sel abnormal, jaringan di mana sumber penyakit hadir akan dilepas dari tempat penyimpanannya untuk dibuang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita menjalani puasa seperti yang dilakukan oleh umat Muslim secara periodik selama beberapa hari dalam satu bulan sebagai sebuah upaya untuk meringankan kerja sistem tubuh agar racun yang masuk dalam tubuh tidak menumpuk dan akhirnya menjadi penyakit yang membayakan bagi kesehatan.

Jika belum mampu menjalani puasa seperti yang dilakukan oleh umat Muslim (tidak makan dan minum apa pun), Anda bisa melakukan puasa detoks dengan membatasi makan dan minum dengan cara mengonsumsi makanan yang mudah dicerna (misal hanya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran). Pada dasarnya puasa untuk detoks bisa dilakukan dengan berbagai cara, tetapi prinsipnya satu, yaitu tidak memasukkan makanan berlebihan terutama yang tidak sehat dan mengurangi pemborosan energi sehingga energi yang dihasilkan tubuh benar-benar digunakan untuk merontokkan semua racun secara optimal.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual nutriburst smart detox di Padang

Perlu dicatat bahwa detoks dengan metode puasa bisanya akan memunculkan beberapa efek. Umumnya efek yang ditimbulkan dari puasa adalah tekanan darah akan turun dan sedikit pusing. Jika gejalanya hanya ringan, maka tidak perlu dihiraukan. Namun, juka tekanan darah turun secara drastis, puasa harus dihentikan.

Bagi Anda yang belum terbiasa berpuasa atau memiliki riwayat penyakit tertentu dan akan melakukan detoks dengan Puasa sebagai Metode Detoks dalam jangka waktu lebih dari tiga hari, lebih baik Anda terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter. Bahkan, akan jauh lebih baik lagi jika puasa Anda mendapatkan pengawasan dari dokter yang berpengalaman untuk memantau kondisi kesehatan Anda.

Sumber : Hidup sehat dengan detoks

Oleh : iyan sugung

Baca artikel menarik lainnya : Perlunya mengenali gejala awal stroke

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *