Pusing akibat kurang tidur

PUSING

Pusing adalah suatu perasaan ringan, terhuyung-huyung, pingian, hilang keseimbangan atau berputar (pada vertigo). Pusing biasanya tidak berbahaya meskipun kadang merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius (misalnya stroke, tumor otak, anemia).

Pusing ringan atau terhuyung-huyung, dapat terjadi jika Anda menggerakkan kepala dari kiri ke kanan atau saat mengubah posisi kepala, atau bangkit dari duduk atau berbaring. Jenis pusing ini berlangsung selama 1 menit atu kurang. Pusing yang berlangsung lama, berjam-jam atau bahkan berhari-hari bisa bersifat lebih serius. Gejala lain yang dapat menyertai pusing jenis ini adalah hilang kesimbangan (dengan risiko jatuh), gaya berjalan yang tidak stabil, gangguan pendengaran, mual, telinga berdenging, atau pandangan kabur.

Ketika Anda terhuyung-huyung, Anda mungkin merasa pusing atau merasa akan pingsan. Hal ini bisa disebabkan oleh kelainan di telinga bagian dalam, kecemasan atau hiperventilasi. Kadang-kadang gejala muncul ketika Anda bangkit dari posisi duduk atau berbaring secara mendadak. Keadaan ini disebut hipotensi postural atau hipotensi ortostatik, yang disebabkan oleh berkurangnya tekanan darah ke otak ketika posisi Anda berubah tiba-tiba. Penyebab lainnya adalah dehidrasi, tekanan darah tinggi, dan kelainan jantung atau kecemasan.

Jika Anda mengalami gangguan keseimbangan,

Anda mungkin tidak dapat berjalan lurus, kaki terasa goyah dan mudah jatuh. Gangguan keseimbangan membahayakan karena dapat mengakibatkan cedera. Keseimbangan yang buruk seringkali dikaitkan dengan proses penuaan pada mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam, berkurangnya sensasi saraf di tungkai dan sendi kaki, radang sendi, dan gangguan penglihatan.

Vertigo membuat Anda merasa benda-benda di sekitar Anda berputar atau bergerak, juga mungkin merasa mual, muntah atau penglihatan kabur. Vertigo biasanya bersifat sementara dan tidak membahayakan. Keadaan ini disebabkan kelainan pada mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam, yaitu labirintitis, vertigo posisional jinak, dan penyakit Meniere.

Labirintitis adalah peradangan telinga bagian dalam, mungkin disebabkan virus. Gejalanya berupa awitan dadakan vertigo hebat dengan mual, muntah dan gerakan mata yang di luar kesadaran. Gejala ini bisa muncul secara tiba-tiba di siang hari atau ketika bangun tidur. Rasa berputar yang berat bisa berlangsung selama beberapa hari, tetapi biasanya akan menghilang dengan sendirinya dan tidak pernah kambuh kembali. Namun biasanya perlu waktu beberapa bulan sampai penyakit ini hilang. Rasa berputar bisa muncul ketika penderita menggerakkan kepalanya ke arah tertentu atau menahan kepala di posisi tertentu. Keadaan ini disebut vertigo posisional jinak.

Vertigo posisional jinak merupakan periode singkat vertigo yang disebabkan perubahan posisi kepala. Merupakan penyebab pusing tersering pada dewasa, yang terjadi ketika penderitanya melihat ke atas atau ke bawah, dari kiri ke kanan atau berguling di atas tempat tidur. Rasa berputar biasanya berlangsung kurang dari 1 menit, dan dapat terjadi dimanapun, sekali sehari atau setiap kali menggerakkan kepala. Vertigo posisional jinak bisa merupakan penyerta dari labirintitis atau bisa berdiri sendiri. Biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 4 bulan.

Penyakit Meniere terjadi jika cairan terkumpul di telinga bagian dalam. Tekanan cairan memengaruhi organ keseimbangan dan organ pendengaran yang terletak di telinga bagian dalam. Hal ini umum dijumpai pada dewasa. Penyakit ini menyebabkan episode berulang vertigo dengan gangguan pendengaran yang hilang timbul dan rasa tertekan, rasa penuh dan bunyi berdenging, yang biasanya menyerang salah satu telinga. Bisa disertai mual dan muntah. Gejala hilang timbul, bisa ringan atau berat, dan bisa berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari. Serangan dapat terjadi sampai hampir setiap hari atau mungkin sangat jarang (10 tahun sekali). Diantara serangan biasanya penderita merasa normal.

Penyebab

> Bangkit secara mendadak dari posisi duduk atau berbaring.

> Lapar, stres, demam.

> Kelainan mata.

> Obat tertentu, alkohol.

> Berubah posisi lebih tinggi secara drastis (misalnya ketika dalam penerbangan).

> Mabuk gerak.

Penyebab

Pusing dapat disebabkan oleh kelainan serius, seperti:

> Anemia.

> Hipoglikemia (kadar gula darah yang rendah).

> Penyakit jantung.

> Sumbatan pada pembuluh darah yang mengangkut darah ke otak.

> Benturan keras di kepala.

> Perdarahan subdural (rongga antara lapisan luar otak).

> Tumor otak.

Apa yang dapat Anda lakukan

> Bangkit secara perlahan dari posisi duduk atau berbaring

> Ketika serangan pusing atau vertigo muncul, duduklah atau berbaringlah secara perlahan agar Anda tidak terjatuh dan terluka. Jika merasa limbung atau jika penglihatan mulai gelap, duduk dan posisikan kepala di antara kedua lutut.

> Banyak minum untuk menghindari dehidrasi dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

> Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, alkohol dan merokok

> Hindari mengemudi

> Gunakan teknik relaksasi untuk melawan kecemasan, tarik napas dalam dan perlahan.

> Jika merasa akan terserang vertigo, buka mata dan fokus pada objek yang tidak bergerak untuk mengurangi gejala

> Jika Anda mengalami gangguan keseimbangan dan kaki terasa goyah, segera hubungi dokter. Agar tidak terjatuh, biarkan lampu menyala di malam hari, rapikan karpet agar tidak tersandung dan gunakan tongkat.

> Jika pusing tidak segera mereda, sering kambuh, semakin memburuk atau disertai pandangan kabur, gangguan pendengaran, baal atau kelemahan, konsultasikan dengan dokter.

Apa yang dapat Dokter lakukan

> Menentukan penyebab.

> Meresepkan obat yang tepat.

> Merujuk ke dokter spesialis jika penyebabnya adalah kelainan yang serius.


KESIMPULAN
Pusing Akibat Kurang Tidur
sering kita alami, maka itu cukupkan istirahat Anda secukupnya.

Pusing akibat kurang tidur

Pusing akibat kurang tidur

 

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Olahraga Pada Masa Hamil dan Setelah Melahirkan

 

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *