Ruam kulit adalah

RUAM KULIT

Ruam kulit merupakan kondisi dimana kulit tampak kemerahan dan terasa terasa gatal, bentol-bentol, bersisik, berkeropeng atau berlepuh. Ukuran, bentuk, jenis dan jumlah ruam bermacam-macam. Ada yang terjadi di seluruh tubuh, ada yang hanya menyerang bagian tubuh tertentu. Ada yang tampak menonjol dengan batas tegas dan ada yang mendatar. Ada yang gatal, ada yang sangat sangat gatal, atau ada juga yang tidak menimbulkan rasa apa-apa. Apa pun sifat/jenisnya, ruam kulit merupakan gejala dari suatu penyakit/keadaan tertentu.

PENYEBAB RUAM KULIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa yang dapat Anda lakukan

> Banyak penyakit yang ditandai ruam bersifat serius dan memerlukan perawatan medis segera. Saat ruam muncul, terutama jika disertai demam tinggi, segera kunjungi dokter atau pergi ke rumah sakit terdekat.

> Jika ruam menimbulkan gatal, hindari menggaruk dan oleskan losyen anti gatal. Gosokkan es atau kompres dingin bisa membantu mengatasi gatal. (bagian atas ruam yang gatal biasanya hanya merupakan pertanda reaksi alergi, atau infeksi kulit yang dapat dengan mudah diobati dengan obat topikal atau obat minum). Ruam yang disertai penyakit serius seringkali tidak gatal dan tidak nyeri.

> Jika diduga suatu ruam obat (terutama jika sedang minum antibiotik poten), hentikan segera obat dan beritahu dokter Anda. Dokter mungkin akan mengganti obat tersebut.

> Jika ruam muncul dan Anda sulit bernapas (biasanya disebabkan oleh alergi), minum antihistamin oral (jika bisa menelan) dan pergi ke rumah sakit terdekat segera. (Simpan tablet anthistamin bebas yang mudah dijangkau, terutama bila Anda memiliki riwayat alergi)

> Pada cacar air, jangan memecah lepuhan karena dapat menimbulkan jaringan parut/skar.

Apa yang dapat Dokter lakukan

> Memastikan penyebab ruam.

> Meresepkan obat yang sesuai. Jika terjadi reaksi alergi berat disertai sulit bernapas, segera berikan suntikan antihistamin.

> Menganjurkan rawat inap, bila perlu.

> Segera memberikan transfusi darah jika ruam merupakan gejala adanya perdarahan di dalam tubuh.

Pencegahan

> Kenali alergi yang Anda derita dan hindari faktor pemicu.

> Jika mendapatkan obat baru, beli separuhnya dulu dan lihat apakah tidak menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Hal ini dapat diketahui dalam 1-2 hari. Jika aman, baru Anda beli lagi separuh sisa resep, atau jika terjadi alergi, segera beritahu dokter dan minta obat pengganti.

 

KESIMPULAN
Ruam kulit adalah kulit tampak kemerahan dan terasa terasa gatal, bentol-bentol, bersisik, berkeropeng atau berlepuh

Ruam Kulit

Ruam Kulit

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Pintar Menyimpan Bahan Makanan dan Makanan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *