Sakit kaki karena kencing manis

 

Sakit kaki karena kencing manis, Jika usia belum 60 tahun umurnya. Namun sudah mengidap kencing manis lebih 20 tahun. Dan mengaku rutin minum obat kencing manis dan makannya ditakar. Tapi kalau sudah beberapa bulan kedua telapak kakinya terasa nyeri luar biasa, ia tidak menginsafi kalau itu bermuasal dari penyakit kencing manisnya.

Sakit kaki karena kencing manis

Sakit kaki karena kencing manis

Gula darah di atas normal

Beranggapan bahwa dengan rutin minum obat kencing manis, gula darahnya akan senantiasa terkontrol, maka ia lalai tidak memeriksakan gula darahnya secara berkala. Mungkin sudah hampir setahun ia tidak tahu berapa gula darahnya. Baru belakangan ia tahu ternyata gula darah puasanya jauh di atas normal, mencapai 140 dan sesudah makan lebih 200. Barang tentu ia terkejut. Sudah rutin minum obat kencing manis, gula darah bisa masih tinggi juga?

Lebih terkejut ketika dokternya mengatakan kalau itu yang menjadi penyebab kenapa mendadak kedua kakinya nyeri. Rasa tidak enak, mungkin seperti terkena air cabai di telapak kaki sebetulnya bisa menjadi salah satu petunjuk kalau gula darah pengidap kencing manis sedang meninggi.

Oleh karena ketika diperiksa gula darah betul jauh di atas normal, dokter hampir bisa memastikan itu sebab kedua telapak kaki terasa nyeri, dan seperti kecabaian. Rasa tertusuk duri dan panas itu yang mengganggu, sehingga ia baru memeriksakan ke dokter.

Dipastikan nyeri kedua kaki itu bukan asam urat penyebabnya, karena kadar asam urat di bawah normal. Lebih kuat pula dugaan gula darah tak terkontrol, karena pola hidup bukan selayaknya pasien kencing manis.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Manfaat Rajin makan ikan

Baca Juga Yang satu ini ...
Penjual Proargi 9 smart detox di Mamuju Sulawesi Barat
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *