Sayur Hijau atau Putihkanlah yang baik Buat Saya?

Sayur Hijau atau Putihkanlah yang baik Buat Saya?

Ada beberapa warna yang di miliki oleh sayuran, tetapi secara garis besar sayur dibagi menjadi 2 warna, yaitu Warna Hijau Dan Warna Putih. Contoh sayuran Hijau Adalah Brokoli, bayam, kangkung, pare dan lain-lain. Sedangkan Sayuran Putih antara lain Sawi Putih, Kol Putih, Kubis, dan Taoge.

Bicara soal warna hijau di sayuran, kita teringat KLOROFIL. Mengapa kita harus makan klorofil? Saya sebagai pengajar kesehatan melihat satu fungsi yang tidak tergantikan katika kita mulai makan sayuran hijau (yang berarti kita makan klorofil).

Apa perbedaaan antara KLOROFIL dan HEMOGLOBIN? Strukturnya memang sama persis, tetapi ada perbedaan di atom intinya. Atom inti KLOROFIL  adalah Magnesius (Mg ), sedangkan atom inti HEMOGLOBIN adalah Besi (Fe). Lalu apakah fungsi Klorofil untuk tubuh kita?

  1. Meningkatkan jumlah sel-jel darah, khususnya meningkatkan produksi Hemoglobin dalam darah.
  2. Mengatasi Anemia
  3. Membersihkan jaringan tubuh
  4. Membersihkan hati dan membantu fungsi hati
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh
  6. Memperkuat sel
  7. Melindungi DNA terhadap kerusakan

Jadi pastikan Anda makan sayuran berwarna Hijau setiap hari. Bahkan, klorofil dapat menghilangkan senyawa-sanyawa kimia yang bersifat racun dalam tubuh. Ekor molekul klorofil yang bersifat hidrofobik dapat menggali ke dalam sel/ jaringan dan mengangkat senyawa hidrokarbon dari dinding sel serta mengeluarkan senyawa beracun tersebut. Hidrokarbin yang imakasu adalah pestisida, obat-obatan yang tertimbun dalam tubuh,perwarna makanan, bahkan bakteri, parasit, dan virus

Lalau bagaimana dengan Sayuran Putih? Adakah manfaatnya? Sawi Putih memiliki kalium yang tinggi dan vitamin C yang tidak kecil. Vitamin K-nya mampu mencegah Osteoporosis. Sawi Putih juga mengandung Asam Folat yang bagus bagi ibu hamil. Karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi, Sawi Putih bagus untuk pemeliharaan kesehatan mata. Kandungan Fitokimia Seperti Indol dan Isotiosianat berfungsi mendetoksifikasi hati.

Taoge, mengandung Fitokimia untuk menekan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.. sayur ini saya dewa, bayangkan kandungan proteinnya bisa meningkat 120% persen lebih dibanding saat masih menjadi bakal biji.

Beberapa Peptida di dalam taoge memiliki sifat sebagai penghambat kerja Angiotensin-I Converting Enzyme (ACE), sehingga taoge juga bisa membantu kita menurunkan daraah tinggi. Taoge adalah sumber vitamin E

TIPS
Pastikan makan sayuran hijau pada siang hari dan makan sayuran putih pada malam hari, atau tukar sesuai dengan Mood Anda. Dengan makan sayuran, Anda akan mendapat segudang manfaat yang tidak pernah Anda bayangkan

Kesimpulan
Manfaat Sayuran Putih dan Sayuran Hijau sama-sama penting bagi asupan tubuh kita.

Sayur Hijau atau Putihkanlah yang baik Buat Saya SAYURAN HIJAU

 

Sumber : SEHAT TANPA REPOT
Artikel lainnya :Demam Tifoid

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *