Sekresi Vagina Dan Keputihan

SEKRESI VAGINA DAN KEPUTIHAN

Selaput lendir yang melapisi dinding vagina secara konstan melepaskan sel-sel tua dan menggantinya dengan sel-sel baru. Pergantian ini, bercampur dengan sekresi normal kelenjar endoserviks (terletak di saluran leher rahim), kelenjar Bartholin, dan bakteri yang hidup di vagina, menghasilkan suatu sekret agak asam yang jernih atau berwarna putih, yang dikenal sebagai sekret vagina atau vaginal discharge. Sekret/lendir yang normal tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal, rasa panas atau iritasi lainnya.

Jumlah dan sifat sekret berbeda antar wanita dan berbeda pada setiap waktu sepanjang siklus menstruasi (menjadi lebih kental dan lebih lepas pada saat ovulasi). Sekresi lebih banyak selama kehamilan. Rangsangan reksual, dengan atau tanpa hubungan intim, juga menyebabkan sekresi bertambah. Pil KB bisa meningkatkan atau mengurangi sekresi vagina.

Gejala

Sekresi vagina yang abnormal (keputihan) biasanya disertai gejala-gejala sebagai berikut:

> Bau tidak sedap

> Nanah, bisa berwarna kekuningan, kehijauan atau keabuan

> Kadang adanya perdarahan menyebabkan sekresi berwarna pink, merah atau coklat (darah kering)

> Gatal atau rasa panas, merah dan bengkak di daerah vagina dan vulva.

Penyebab

Beberapa penyebab keputihan :

> Kandidiasis, infeksi oleh jamur Candida albicans, menyebabkan keputihan dengan sekret vagina yang kental dan putih seperti keju cottage.

> Trikomoniasis, infeksi oleh parasit protozoa Trichomonas vaginalis, menghasilkan sekret vagina berwarna hijau-kuning berbau tidak sedap.

> Gonore, penyakit kelamin yang menghasilkan sekret vagina berwarna kekuningan, kadang disertai nyeri dan nyeri tekan di salah satu atau kedua sisi perut bagian bawah, disertai nyeri pada saat buang air kecil.

> Vaginitis atropik, dijumpai pada wanita menopause dan kadar estrogen rendah.

> Vaginosis bakteri, pertumbuhan berlebih dari bakteri yang memang hidup di vagina, menghasilkan sekret vagina berwarna abu-abu dan berbau amis. Gejala keputihan ini bertambah buruk setelah melakukan hubungan intim.

> Kanker rahim —► menyebabkan keputihan yang terkadang disertai darah.

 

KESIMPULAN
Sekresi Vagina Dan Keputihan
pada wanita masih banyak ditemui. Obati secara cermat penyakit ini.

 

Sekresi Vagina Dan Keputihan

Sekresi Vagina Dan Keputihan

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Langsing Tapi Sehat

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *